Bupati Manggarai Barat Ancam Tenggelamkan Kapal Lalai Bayar Retribusi Sampah

SINMETA.ID, Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat (Mabar), Edistasius Endi mengancam akan tenggelamkan kapal dari Perusahaan yang lalai membayar retribusi sampah di wilayah perairan laut Labuan Bajo. Bupati Edi menilai Perusahaan yang lalai bayar retribusi adalah musuh bersama yang kapalnya layak dimusnakan dari bumi Komodo.

Demikian disampaikan Bupati Edistasius Endi di hadapan seluruh anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat saat sidang paripurna ke-19, dengan agenda penyampaian laporan hasil Badan Pembentukan (Bamperda) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang  Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di ruang sidang utama DPRD, Senin (21/8/2023).

“Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat tidak akan memberikan toleransi dan tidak akan memberikan keringanan. Bagi pemilik kapal yang  masih menunggak retribusi sampah, maka kapalnya kita tenggelamkan saja,” tegas Edi.

Menurut Bupati Edi, kapal-kapal yang lalai membayar retribusi sampah ada di Manggarai Barat hanya untuk merusak kawasan perairan di Manggarai Barat.  “Kapal-kapal ini hanya membawa kerusakan di kawasan perairan  di Mabar. Kapal- kapal ini harus segera minggat dari Perairan Manggarai Barat, karena sudah terlalu banyak kapal yang beroperasi  di Manggarai Barat,” jelasnya.

Bupati Edistasius Endi pun menduga, kelalaian para pemilik kapal dalam membayar pajak ke daerah, oleh karena ada ‘main mata’ alias kolusi dengan pihak tertentu. Oleh karena itu, dia memberikan peringatan serius, agar kebiasaan itu segera dihentikan. “Jika dugaan saya ini benar, saya minta stop! Mulai saat ini, hentikan!” tegas lagi.

Penegasan Bupati Edi ini merupakan jawaban atas pertanyaan dan kritik Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Marselinus Jeramun tentang banyaknya kapal yang beroperasi di wilayah laut Labuan Bajo, tetapi lalai dalam membayar pajak retribus sampah.

Padahal kapal-kapal tersebut, kata Jeramun, merupakan penyumbang sampah di wilayah laut Labuan Bajo. Jeramun-pun meminta pemerintah untuk melakukan tindakan tegas, sehingga kebersihan laut Labuan Bajo tetap selalu terjaga.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Wakil Gubernur Lampung Mengundurkan Diri
Next post 7 Pengendara Truk Lawan Arah Tertabrak Truk di Lenteng Agung