Taman Edelweiss di Ranca Upas Hancur, Petani Marah

SINMETA.ID, Bandung – Jagat media sosial dihebohkan dengan video sekelompok pengendara motor trail yang sedang melakukan trekking di salah satu kawasan di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dalam video yang beredar tampak puluhan pengendara motor trail yang saling memacu kendaraannya melewati kawasan tersebut hingga mengakibatkan tanah dan tanaman yang ada di sekitarnya hancur.

Aksi tersebut membuat geram banyak pihak karena dinilai sangat merusak lingkungan. Belakangan diketahui video tersebut adalah gambaran rangkaian acara motor trail yang digagas oleh salah satu klub motor trail yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tentunya hal ini menimbulkan kecaman dari berbagai pihak termasuk warganet. Kawasan konservasi Ranca Upas merupakan salah satu konservasi yang harus dilestarikan dan dirawat keberadaannya. Namun hancur seketika ketika para pengendara trail tersebut masuk dan mengendarai kendaraan di wilayah itu. Hal ini menimbulkan kerusakan lingkungan terutama kerusakan pada tanah dan tanaman.

Salah seorang petani yang bermukim di wilayah tersebut bernama Supriatna murka. Supriatna mengunggah video yang menunjukkan amarah serta kekecewaannya ketika melihat tanaman Edelweis yang telah ditanamnya selama beberapa lama hancur seketika dan tanah disekitarnya menjadi berlumpur. Dalam video tersebut Supriatna mengungkapkan kekecewaan kepada peserta motor trail, pihak panitia serta Perhutani yang memberikan izin dalam pelaksanaan acara tersebut.

Dalam unggahan di media sosial miliknya, terlihat Supriatna sangat mengecam ulah para pengendara trail yang melindas tanaman bunga edelweis miliknya. Terlebih dirinya mengaku sudah menanam dengan bersusah payah dan penuh kesulitan dengan membutuhkan waktu yang sangat lama.

“Panitia di acara trail di kampung saya Ranca Upas khususnya untuk orang Perhutani yang telah memberikan izin terkait acara tersebut lihat ini dampaknya seperti ini, hancur gak? Lihat dengan mata anda hancur gak?,” ucap pria yang kerap disapa Uprit ini.

Supriatna merasa geram dan kecewa karena lahan hijau miliknya seketika menjadi penuh lumpur dan tak berbentuk. Dirinya mengaku perlu waktu lama untuk kembali menghijaukan lokasi tersebut.

Sementara itu, pihak panitia kegiatan advanture motor trail di kawasan Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat itu meminta maaf karena kegiatan itu mengakibatkan rusaknya tanaman bungan edelweis rawa.

Rekaman video permintaan maaf itu tersebar di media sosial seusai topik pembahasan mengenai kerusakan tanaman bunga edelweis rawa di Ranca Upas viral. Kerusakan itu diduga akibat ada kegiatan adventuremotor trail yang digelar di area tanaman bunga edelweis rawa pada Minggu (5/3/2023) lalu.

 

(fw)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Musik Manis Khas Indra Dinda Lewat “Hari Merah Jambu”
Next post Presiden Lakukan Kunjungan ke Kebumen, Panen Raya dan Resmikan Tambak