Presiden Lakukan Kunjungan ke Kebumen, Panen Raya dan Resmikan Tambak

SINMETA.ID, Kebumen – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada Kamis (09/03/2023). Presiden Joko Widodo memiliki beragam agenda kegiatan pada kunjungan kali ini. Salah satunya adalah melakukan panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kali ini didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng, dan Pangdam Diponegoro, serta Bupati Arif Sugiyanto, bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.

Dalam kunjungan kali ini, Presiden menyampaikan beberapa hal. Diantaranya menyebut bahwa harga gabah kering panen (GKP) saat panen raya ini hanya di kisaran Rp4.200 per kilogram. Menurutnya harga tersebut terlalu rendah dan dapat merugikan petani.

“Saat ini kami sedang menghitung dan nanti segera diumumkan oleh Badan Pangan Nasional. Harga GKP-nya harusnya berapa, karena kita punya hitung-hitungan cost dalam setiap komponen produksi beras ini. Sudah dikaitkan semuanya, baik mengenai sewa lahan, pupuk, bibitnya, dan lain-lainnya,” ujar Presiden di lokasi panen raya.

Setelah melakukan panen raya, Presiden beserta rombongan bergeser ke Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan untuk meresmikan Budidaya Udang Berbasis Kawasan atau BUBK yang memiliki luas sekitar 60 hektare. Kawasan tersebut rencananya bisa menghasilkan sekitar 40 ton udang pada setiap hektarnya.

Terakhir, Presiden berkesempatan untuk mengunjungi Pasar Petanahan Kebumen untuk mengecek keadaan pasar, bersosialisasi dengan warga serta membagikan sembako dan Bantuan Langsung Tunai secara langsung. Ribuan warga yang sudah menantikan kehadiran Presiden nampak sangat antusias mengerubungi rombongan.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto merasa senang dan berterima kasih atas kunjungan Presiden Jokowi di Kebumen. Ia berharap pembangunan yang telah didukung pemerintah pusat bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden beserta rombongan atas kunjungannya di Kebumen. Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dimana Kebumen dijadikan daerah pertama dimulainya panen raya padi satu hektar. Saya melihat ini sebagai wujud kemakmuran masyarakat Kebumen,” ujar Bupati.

 

(fw)

 

 

 

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Taman Edelweiss di Ranca Upas Hancur, Petani Marah
Next post Program KSP Mendengar di Solo, PERSIARI Gaungkan Kesejahteraan Penyiar Radio