Gunung Laut di Pacitan Dipastikan Bukan Gunung Berapi

SINMETA.ID, Pacitan – Fenomena munculnya Gunung di bawah laut yang ditemukan di selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur beberapa waktu lalu sempat membuat heboh banyak pihak. Hal ini juga membuat sebagian masyarakat khawatir akan letak gunung yang ada di bawah laut perairan Pacitan tersebut.

Kendati demikian, Badan Informasi Geospasial (BIG) telah memastikan bahwa struktur gunung bawah laut yang ditemukan tersebut bukan merupakan jenis gunung berapi. Menurut BIG, tidak ada tanda tanda aktivitas vulkanis pada gunung bawah laut tersebut sehingga masyarakat diminta untuk tidak terlalu khawatir.

Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai, Badan Informasi Geospasial, Yosef Dwi Sigit mengatakan bahwa hingga saat ditemukan, belum ada tanda tanda bahwa gunung yang ditemukan di perairan Pacitan tersebut merupakan gunung yang berbahaya. “Tidak ada tanda tanda signifikan aktifitas vulkanis atau aktifitas yang merupakan tanda gunung tersebut adalah gunung berapi” ujar Yosef

Yosef menuturkan bahwa gunung di bawah laut Pacitan tersebut terjadi akibat fenomena alam tumbukan dua lempeng bumi. Perubahan elevasi dasar laut yang ekstrem, kemudian menyebabkan lempengan tersebut menyerupai tonjolan besar seperti sebuah gunung bawah laut. Hal ini terjadi akibat tumbukan dua lempeng bumi yakni lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia. Lempengan yang terdorong ke atas itulah yang kemudian membentuk sebuah lempengan berbentuk gunung. Prosesnya tidak dimulai beberapa waktu belakangan, melainkan sudah terjadi sejak jutaan tahun yang lalu.

Pihak BIG meminta masyarakat untuk tidak terlalu cemas atau khawatir mengenai keberadaan gunung di bawah laut tersebut. Kini pihaknya terus memantau aktifitas gunung bawah laut tersebut dan tengah mempelajari kemungkinan kemungkinan lain yang bisa terjadi oleh aktifitas gunung tersebut.

Pemerintah Kabupaten Pacitan menyambut baik rencana tindak lanjut temuan gunung bawah laut tersebut oleh tim dari kementerian maupun lembaga terkait. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan sangat terbuka dan siap bekerja sama dengan tim pusat dalam mengeksplorasi potensi yang ada di gunung bawah laut di barat daya daerah itu.

(fw)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bekasi Banjir, Tanggap Darurat 14 Hari Ke Depan
Next post Hari Ini, Harga BBM Jenis Pertamax Resmi Naik