Bekasi Banjir, Tanggap Darurat 14 Hari Ke Depan

SINMETA.ID, Bekasi – Cuaca ekstrem yang melanda Jabodetabek beberapa hari belakangan membuat sejumlah wilayah di Kota serta Kabupaten Bekasi terendam Banjir. Banjir yang merendam sejumlah kawasan di Kota maupun Kabupaten Bekasi sudah merendam setidaknya 16 titik yang tersebar di seluruh wilayah.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Enung Nurholis. Enung menjelaskan bahwa 16 titik banjir di kota Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (28/02/2023) ketinggiannya bervariasi mulai dari 20 cm hingga 1 meter.

“Jumlah kecamatan terdampak 9 kecamatan, jumlah titik banjir, 16 titik banjir/genangan,” kata Enung Nurholis, dalam keterangannya, Selasa (28/2/2023).

Pemerintah Kota Bekasi saat ini bekerjasama dengan BPBD Kota Bekasi tengah melakukan pendataan jumlah korban terdampak baik yang mengungsi maupun yang menetap di huniannya. Enung mengatakan bahwa sebanyak 1.200 rumah terdampak, 1.822 KK terdampak atau 7.253 jiwa terdampak. Saat ini petugas BPBD kota Bekasi sedang melakukan penanganan banjir.

Daerah daerah yang terdampak di wilayah Kota Bekasi diantaranya adalah di Medan Satria, Mustika Jaya, Rawalumbu, Bekasi Utara, Bekasi Selatan dan juga Bekasi Barat.

Tak hanya di wilayah Kota, banjir juga merendam sebagian besar wilayah Kabupaten Bekasi. Di Kabupaten Bekasi cakupan daerah yang terendam banjir lebih luas daripada di wilayah Kota.

Dari data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, hingga Senin pukul 12.30, ada 14 kecamatan dan 37 desa yang terdampak banjir. Jumlah warga yang mengungsi 4.092 jiwa dari total 47.700 jiwa terdampak. Jumlah korban meninggal akibat bencana itu dua orang.

Pihak Pemerintah Kabupaten Bekasi mengambil langkah cepat dalam penanganan bencana banjir dan menetapkan tanggap darurat bencana selama 14 hari ke depan. Hal ini bertujuan untuk pemulihan serta penanganan hal hal darurat yang dirasa perlu dilakukan dalam waktu dekat. Hingga saat ini Pemerintah Kota maupun Kabupaten Bekasi sedang dalam proses pendataan serta pendistribusian bantuan kepada warga terdampak di titik titik pengungsian yang sudah disiapkan.

(fw)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Saudi Arabia Izinkan Semua Visa Untuk Umrah
Next post Gunung Laut di Pacitan Dipastikan Bukan Gunung Berapi