4 Pilihan Kuliner Antimainstream di Kota Bogor

SINMETA.ID, Bogor – Sejak lama Kota Bogor di Jawa Barat merupakan salah satu destinasi wisata wajib yang selalu jadi pilihan utama warga Jakarta dan sekitarnya saat weekend. Atau menjadi destinasi wajib apabila ingin menghabiskan waktu liburan panjang. Warga yang datang ke Bogor biasanya selalu menghabiskan waktu di beberapa tempat wisata favorit seperti Kebon Raya Bogor, Puncak, ataupun Pusat Kuliner Suryakencana yang merupakan destinasi wajib bagi para pendatang yang datang ke Kota Bogor.

Setelah dirasa cukup untuk menghabiskan waktu dengan berwisata, tentunya wisatawan yang datang wajib untuk mencoba kuliner yang dijajakan di wilayah Bogor dan sekitarnya. Bosan dengan kuliner Bogor yang itu itu saja ? Yuk kita lihat sekilas apa saja sih 4 rekomendasi kuliner yang jarang diketahui oleh wisatawan di Kota Bogor.

1. Bebeke Om Aris Otista

Bebeke Om Aris Otista merupakan sajian berupa bebek goreng dengan bumbu khas yang selalu ramai dikunjungi di Kota Bogor. Daging bebek yang empuk dan bumbunya yang khas sangat dinikmati dan menjadi ciri khas dari sajian kuliner disini. Lokasinya pun cukup strategis yakni di Jalan Otto Iskandardinata atau kawasan Otista Kota Bogor yang posisinya bersebrangan langsung dengan Kebon Raya di pusat Kota Bogor.

Bebeke Om Aris juga merupakan salah satu pilihan makan siang bagi warga Bogor yang kebetulan ingin menikmati santap siang bersama dengan kolega maupun rekannya. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan ramah di kantong sehingga tidak salah Bebeke Om Aris menjadi salah satu destinasi kuliner yang menjadi pilihan bagi wisata kuliner.

2. Laksa Pak Inin Cijeruk

Biasanya wisatawan yang datang ke Kota Bogor hanya familiar dengan kuliner khas Bogor seperti Talas ataupun Asinan. Kuliner khas yang satu ini jarang sekali diketahui masyarakat pada umumnya karena memang belum terlalu banyak terekspos dan masih sangat jarang diketahui publik.

Laksa merupakan makanan yang terbuat dari campuran oncom merah yang kemudian dipadukan dengan ketupat, tauge, bihun dan kuah kental santan yang kemudian ditaburi oleh serundeng kelapa diatasnya yang menambah citra rasa gurih.

Laksa ini penyajiannya cukup unik karena dimasak dengan menggunakan kompor atau tungku tradisional yang tentunya memberikan rasa otentik pada sajiannya sehingga Laksa cukup banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor. Laksa Pak Inin terletak didaerah Cijeruk, Bogor Selatan, Kota Bogor.

3. Doclang Jembatan Merah

Doclang merupakan makanan khas Bogor lainnya yang wajib dicoba ketika kita mengunjungi Kota Bogor. Doclang merupakan makanan berupa tahu, kentang rebus dan ketupat yang kemudian dilumuri saus kacang mirip saus kacang siomay yang rasanya merupakan campuran dari rasa gurih dan manis.

Doclang biasa dapat ditemui di kawasan Jembatan Merah yaitu disekitaran wilayah Stasiun Besar Kota Bogor. Jika kita mengunjungi Bogor dengan kereta dan berhenti di Stasiun Bogor, cukup dengan berjalan kaki ke arah barat stasiun maka kita akan dapat menemukan Doclang yang banyak tersedia di kawasan Jembatan Merah ini.

Harganya ? sudah tentu sangat ramah di kantong yakni sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per porsinya.

4. Burung Puyuh Goreng Cijeruk

Menikmati sajian Burung Puyuh Goreng ditemani dengan secangkir kopi hangat sambil menikmati pemandangan Gunung Salak mungkin merupakan pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana kuliner berbeda dari biasanya di Kota Bogor. Burung Puyuh yang diberi bumbu khas ini terasa sangat harum ketika digoreng dan cukup menggugah selera ketika akan dinikmati.

Terlebih dengan pemandangan Gunung Salak yang mengampar luas akan sangat menambah pengalaman baru dalam wisata kuliner kali ini. Letaknya di daerah Cijeruk, Bogor Selatan yang dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit dengan mobil dari pusat Kota Bogor.

Sajian ini bisa jadi pilihan lain untuk kulineran berakhir pekan bersama keluarga ketika berjalan jalan mengunjungi Kota Bogor, Jawa Barat.

 

Nah itu dia beberapa rekomendasi jajanan yang bisa pembaca nikmati selagi berwisata ke Kota Bogor. Semoga menjadi referensi bagi pembaca yang akan melakukan perjalanan wisata kesana.

 

(FW)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Muhadjir Effendy Ditunjuk Presiden Jadi Plt Menpora
Next post Kesejahteraan Petani Masih Rendah, HKTI Cari Strategi Tingkatkan Sektor Tani