Basarnas Bali Berhasil Evakuasi WN Inggris di Gunung Agung

SINMETA.CO.ID, Denpasar – Tim Basarnas Bali berhasil menyelamatkan dua warga negara asing (WNA) asal Inggris yang sempat hilang dalam pendakian di Gunung Agung, Karangasem.

Kepala Basarnas Bali I Nyoman Sidakarya mengatakan kedua laki-laki tersebut berhasil ditemukan setelah masyarakat dan Tim SAR gabungan mendengar teriakan meminta tolong.

“Dari informasi masyarakat dan tim, ada suara teriak minta tolong, kemudian pukul 18.15 Wita kami menuju lokasi teriakan dan target ditemukan dalam kondisi sehat di ketinggian 1.700 mdpl,” kata dia dalam keterangan resmi di Denpasar, Kamis (4/7/2204) dilansir Antara.

Sidakarya menyebut WNA Inggris berinisial MF dan MS itu sejak Rabu (3/7/2024) melakukan pendakian. Namun, temannya yang lain tidak dapat menghubungi mereka melalui telepon.

Laporan akhirnya masuk ke Basarnas Bali dari Konsulat Inggris Rabu tadi. Namun, tidak ada informasi mengenai titik awal pendakian MF dan MS kecuali ditemukan sepeda motor yang terparkir di dekat jalur pendakian, tepatnya Pura Pasar Agung, Bebandem.

“Dari penemuan sepeda motor, kepolisian menggali informasi sepeda motor tersebut, ada nomor rental dan betul WNA yang kami cari,” ujarnya.

Sidakarya menurunkan enam personel dari pos SAR Karangasem. Setelah berhasil diselamatkan, WNA Inggris tersebut dibantu turun ke posko untuk diberikan bantuan medis kemudian diarahkan untuk dievakuasi ke kantor kepolisian.

Basarnas Bali memastikan MF dan MS ditemukan dalam kondisi selamat meskipun selama proses pencarian tim cukup kesulitan karena pencarian malam dengan jarak pandang terbatas dan kabut tebal.

 

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kecelakaan di Ruas Tol Batang Tewaskan 3 Orang
Next post BMKG Temukan 87 Titik Api Karhutla di Sumatera