Bapanas Pastikan Stok Pangan Jelang Idul Adha Aman

SINMETA.CO.ID, Jakarta – Jelang Iduladha 2024, Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan kondisi stok pangan nasional aman dan terkendali. Salah satu langkah yang dilakukan Bapanas adalah memastikan stok cadangan beras pemerintah (CBP) di Bulog selalu terjaga di atas 1 juta ton. Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengungkapkan per 7 Juni 2024, stok CBP di Bulog sebesar 1,7 juta ton.

“Berdasarkan proyeksi neraca, secara umum stok pangan pokok strategis nasional dipastikan aman dan cukup, terutama mengantisipasi momentum Iduladha yang sebentar lagi tiba,” ujar Arief Prasetyo Adi dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi IV DPR di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

Demikian pula dengan ketersediaan daging sapi dan kerbau yang dipastikan cukup untuk masyarakat. Untuk sapi hidup (livestock), Bapanas akan menyelenggarakan rapat koordinasi bersama para stakeholders untuk mengidentifikasi jumlah sebarannya, sehingga upaya fasilitasi distribusi pangan (FDP) dapat dilakukan dengan baik.

“Secara keseluruhan mengenai komoditas ruminansia daging sapi dan kerbau, kondisinya aman,” ujar Arief.

Sementara itu Direktur Utama ID Food Sis Apik Wijayanto mengatakan, menghadapi Iduladha mendatang, pihaknya menyediakan stok sapi sebanyak 1.300 ekor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami laporkan, saat ini juga memiliki stok 280 ton (daging sapi) dan kemudian livestock 1.300 ekor sapi. Jadi ini siap bila masyarakat membutuhkan,” kata Sis Apik.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post AHY Luncurkan Implementasi Layanan Elektronik di 11 Kantah se-Jawa Barat
Next post KPK Panggil Adik SYL Jadi Saksi Kasus Dugaan Pencucian Uang