Korban Pelecehan Ajang Miss Universe Indonesia Diduga Puluhan Orang

SINMETA.ID, Jakarta – Kasus dugaan pelecehan di ajang kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 masih bergulir di kepolisian. Polisi mulai melakukan penyelidikan dengan memeriksa pelapor.
Pemeriksaan dilakukan di Gedung Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya, pada Rabu (9/8). Dalam pemeriksaan tersebut, pelapor yang diwakilkan kepada kuasa hukum Mellisa Anggraini membawa bukti baru ke penyidik.

Diduga ada puluhan finalis menjadi korban pelecehan dalam sesi body checking tanpa busana. Sejauh ini baru 7 korban yang sudah melaporkan dugaan pelecehan tersebut ke Polda Metro Jaya dan tidak menutup kemungkinan korban bisa bertambah.

Sebagaimana diketahui, dugaan pelecehan tersebut terjadi saat para finalis melakukan sesi body checking. Yang mana, menurut kuasa hukum, body checking ini tidak ada pada rundown acara.

Para korban mengaku diperiksa lekuk tubuh dalam kondisi tidak berbusana. Lebih disayangkan lagi, proses body checking ini dilakukan di ballroom hotel yang hanya ditutupi oleh banner.

Bukan itu saja yang diprotes oleh para finalis Miss Universe Indonesia 2023 ini. Para korban merasa dilecehkan karena pemeriksa body checking itu juga disaksikan oleh panitia berjenis kelamin laki-laki.

Kuasa hukum korban, Mellisa Angraini, mengungkapkan ada sekitar 30 finalis yang menjadi korban dugaan pelecehan dalam ajang tersebut.

“Sebenarnya yang mengalami ada 30 orang. Tapi yang baru yang memberikan kuasa baru 7 orang, tapi berjalannya waktu terus bertambah,” kata kuasa hukum korban, Mellisa Anggraini, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (9/8).

Sementara itu, Plh Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah mengamini adanya pemeriksaan teradap pelapor. Akan tetapi,

“Ini kita baru mau ketemu lawyer-nya (pelapor). Para korban masih belum hadir,” kata Plh Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah, Rabu (9/8/2023).

Pelapor yang dalam hal ini juga kuasa hukum korban, Mellisa Anggraeni, menjelaskan kronologi dan duduk perkara dugaan pelecehan yang dialami para korban. Mellisa sendiri menjadi kuasa hukum 7 finalis Miss Universe Indonesia yang diduga menjadi korban pelecehan.

Finalis Miss Universe Indonesia 2023 sempat keberatan saat diminta body checking dan difoto tanpa busana. Para korban pun disebut sampai menangis saat diminta melakukan hal tersebut.

“Belum ada saya mendengar mereka menolak, tapi sudah menyampaikan berkali-kali ada yang bilang sudah mau nangis mukanya, ada yang sudah nangis setelah dilakukan. Tapi sudah ada yang menyampaikan ‘saya tidak nyaman, Bu’,” kata kuasa hukum korban, Mellisa Anggraeni, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (9/8/2023).

Namun penyelenggara saat itu meminta korban tidak malu-malu saat melakukan hal tersebut. Penyelenggara, disebutnya, turut membandingkan proses body checking di Indonesia dan luar negeri.

“Dijawab dengan pelaksana itu, si oknum ini, si perusahaan menyampaikan bahwa ‘Loh, kamu jangan malu, kamu harus percaya diri, embrace your self, kamu kalau di luar negeri nanti akan lebih parah, lebih ditelanjangi dan ditonton banyak orang,” kata dia.

Direktur Miss Universe Indonesia Poppy Capella buka suara terkait skandal finalis difoto dalam keadaan telanjang. Poppy mengaku pihaknya menerima setiap kritik masyarakat.

“Dalam dunia kontes yang dinamis, suara bergema dari segala arah. Setiap komentar, setiap umpan balik, baik yang dibalut pujian maupun ditaburi kritik, sangat vital dalam memahat narasi Miss Universe,” kata Poppy Capella dilihat dari akun Instagram pirbadinya, dikutip dari Wolipop, Senin (7/8).

“Saya ingin mengucapkan terimakasih yang tulus kepada semua orang yang telah meluangkan waktu sejenak untuk berbagi pandangan, perasaan dan perspektif dengan kami. Komentar kalian bukan sekadar kata-kata, kalian adalah kekuatan yang kuat serta mendorong tekad dan semangat kami,” imbuhnya.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post TNI AD Dukung “Run For PON” Jelang PON Aceh Sumut 2024
Next post Calon Presiden Ekuador Tewas Tertembak Setelah Kampanye