TNI AD Dukung “Run For PON” Jelang PON Aceh Sumut 2024

SINMETA.ID, Jakarta – Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dan jajarannya berkunjung ke Markas Besar TNI Angkatan Darat (AD) di Jakarta Pusat pada Hari Rabu tanggal 9 Agustus 2023. Tujuannya adalah mengajak TNI AD untuk bersama-sama sukseskan rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara.

“KONI Pusat ini, salah satu event besarnya adalah Pekan Olahraga Nasional, Multievent Nasional yang kita lakukan setiap 4 tahun sekali. Biasanya kita laksanakan di satu provinsi, baru kali ini dilaksanakan di dua provinsi. Berdasarkan arahan Bapak Presiden, PON ini akan dibuka di Aceh pada 8 September dan ditutup di Medan pada tanggal 20 September 2024,” jelas Marciano.

Salah satu rangkaian yang strategis adalah hitung mundur (Countdown) satu tahun PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Terkait Countdown tersebut, KONI Pusat mengajak TNI AD untuk turut memeriahkan dengan kegiatan olahraga lari 5 km bertajuk, ‘Run for PON’ di Komplek Gelora Bung Karno (GBK) pada tanggal 17 September 2023.

“Kami akan mendukung kegiatan ini,” tegas Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster KASAD) TNI AD Mayjen TNI M.Hasan yang menerima Ketum KONI Pusat dan jajarannya.

“Pak Hasan ini perwira angkatan darat yang pakar dalam urusan olahraga lari, oleh karena itu kami berkonsultasi dengan ahlinya,” ujar Ketum KONI Pusat mengapresiasi Aster yang merupakan pelari Ultra Maraton.

Aster TNI AD juga sampaikan terima kasih atas kunjungan Ketum KONI Pusat dan jajarannya. “Kami merasa terhormat menerima Bapak Ketum KONI Pusat dan jajarannya,” ujar Hasan. “Keadaan saya seperti ini karena pembinaan dari Bapak,” sambung Hasan sambil ceritakan kedekatannya dengan Marciano.

Di luar itu, Ketum KONI Pusat berharap agar TNI juga sukseskan PON secara prestasi, dengan mengantar atlet-atlet yang binaannya meraih juara. “Gunakan PON ini juga untuk menunjukkan keberhasilan teritorial TNI, terutama dalam pembinaan atlet-atlet daerah yang dibina TNI,” pesan Marciano.

“Bicara Olahraga kita hanya bicara Merah Putih. Olahraga itu sarana terbaik untuk mempersatukan bangsa.” sambungnya.

Nantinya, diprediksi sebanyak 1.500-2.000 pelari akan terlibat pada Fun Run tersebut. Satu hal yang menarik akan dipertandingkan Best Costume peserta Fun Run.

Ada juga panggung hiburan dan bazar UMKM yang meramaikan kegiatan. KONI Pusat sendiri memiliki atensi besar terhadap UMKM dan telah bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Hingga saat ini UMKM olahraga dalam negeri binaan KONI Pusat sekitar 1.000, di bawah naungan Koperasi Olahraga Jaya Indonesia (KIOJI).

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Gubernur DKI Himbau Warga WFH Saat KTT Asean 2023
Next post Korban Pelecehan Ajang Miss Universe Indonesia Diduga Puluhan Orang