96 Mahasiswa UPN Veteran Keracunan Saat Outbound

SINMETA.ID, Yogyakarta – Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta yang mengalami keracunan bertambah menjadi 96 orang. Sebanyak 92 orang sudah kembali ke rumah dan tinggal empat orang yang masih menjalani perawatan medis.

Wakil Rektor UPN Veteran Yogyakarta Singgih Saptono mengatakan, pada pelaksanaan oubound pada hari 16 Agustus diikuti 2.500 mahasiswa yang tersebar di tiga institusi. Mereka mengikuti kegiatan pengenalan kehidupan bela negara di  Akademi Angkatan Udara (AAU), Denhanud 474 Kopasgat Adisutjipto dan di Batalyon Infanteri Mekanis (Yonmek) 403 Yogyakarta.

Sedangkan pada hari kedua pada 18 agustus ada 715 mahasiswa yang mengikuti di Yonmek 403, Kentungan, Sleman. Mereka diduga keracunan usap makan siang dari menu yang dibagikan panitia.

“Dari kejadian yang diduga keracunan ini ada 96 mahasiswa yang mengalami sakit perut, mual dan muntah,” katanya, Sabtu (20/8/2023).

Para mahasiswa ini semuanya sudah tertangani, baik yang dilakukan oleh Yonmek 403, UPN dan PMI. Sebagian dibawa ke enam rumah sakit, yakni di poliklinik Yonmek, RSUP Dr Sardjito, JIH, RS Condongcatur, RSA UGM dan beberapa poliklinik lainnya.

“Saat ini yang tersisa tinggal empat mahasiswa yang menjalani observasi di rumah sakit. Selebihnya sudah diperbolehkan pulang,” katanya.

Hingga kini belum diketahui pasti jenis makanan apa yang membuat mahasiswa ini mengalami keracunan. Pada saat makan siang, mereka diberikan nasi boks dengan lauk ayam dan bakmi.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Mahasiswi IPB Meninggal Kecelakaan Saat Penelitian di Laboraturium
Next post Polusi Udara Memburuk, PNS di DKI WFH Mulai Hari Ini