Pesawat Smart Air Ditembaki KKB di Intan Jaya Papua

SINMETA.ID, Intan Jaya – Pesawat Caravan milik maskapai Smart Air diduga ditembaki Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB) di Bandara Homeyo, Intan Jaya, Papua Tengah pada Selasa (18/7). Ada empat lubang bekas tembakan ditemukan di bagian sayap pesawat.

“Tim tersebut berhasil menemukan empat lubang pada sayap kiri pesawat Caravan PK-SNO, Serial No. 208B2375, yang diduga disebabkan oleh dua proyektil peluru yang menembus pesawat tersebut,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny lewat keterangannya.

Sementara itu, Kapolres Nabire, AKBP I Ketut Suarnaya, menjelaskan, pesawat itu diawaki oleh pilot M Farhan dan kopilot Wahyu. Pesawat melakukan penerbangan awal dari Bandara Timika Bandara Sugapa. Pesawat ini ditembaki ketika tengah mengangkut tujuh personel Brimob.

“Setelah mengangkut tujuh personel Brimob, pesawat melanjutkan penerbangan ke Bandar Udara Wagete Kabupaten Deiyai dan Bandar Udara Nabire,” kata Ketut.

Menurutnya, ada lebih dari 10 tembakan yang dilepas ke arah pesawat itu. Beruntung, tak ada korban jiwa, dan pesawat itu tetap dapat mendarat dengan selamat.

“Hasil koordinasi kami, memang pada saat pesawat melakukan pendaratan di Bandara Pogapa, Distrik Homeyo, Kab. Intan Jaya tepatnya di Ujung Bandara terdengar lebih dari 10 suara tembakan,” beber dia.

Lebih lanjut, Ketut mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait insiden penembakan itu. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk ikut menjaga ketertiban.

Aksi penembakan itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIT. Pesawat tersebut ditembaki ketika hendak mendarat di Bandara Homeyo.

 

 

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pemerintah dan BMKG Antisipasi Ancaman El Nino
Next post Rivo Alfahrezy Rilis Single Debut Bertajuk “Sendiri”