Ikon Mode Hermes Jane Birkin Meninggal Dunia

SINMETA.ID, Paris – Kabar duka kembali menerjang fashion dunia. Aktris sekaligus penyanyi kelahiran Inggris, Jane Birkin meninggal dunia di Paris. Jane Birkin meninggal dunia di usia 76 tahun. Mengutip dari Reuters, media lokal melaporkan Jane Birkin ditemukan meninggal dunia di rumahnya. Birkin telah mengalami stroke ringan pada 2021 setelah sebelumnya mengalami gangguan jantung selama bertahun-tahun.

Belum diketahui pasti apa penyebab kematian Jane Birkin. Namun kondisi kesehatan Birkin sudah mulai menurun beberapa waktu lalu. Ia bahkan membatalkan banyak jadwak konser, mengutip dari Page Six.

Jane Birkin menjadi sosok inspirasi di balik hadirnya salah satu koleksi tas termahal di dunia, Hermes Birkin. Hermes Birkin bermula ketika Jane Birkin berada dalam sebuah penerbangan pada 1984. Kala itu, sebuah kantong plastik tempatnya menyimpan barang-barang miliknya rusak. Birkin pun mengeluh bahwa Hermes tidak membuat tas yang dapat memuat semua barangnya.

Secara kebetulan, pria yang duduk di sampingnya merupakan Jean-Louis Duman yang kala itu merupakan kepala desainer Hermes. Mendengar keluhan sang aktris, Hermes pun merilis tas Birkin pada tahun yang sama, hanya dalam ukuran besar seperti permintaan Jane Birkin. Tas Birkin kini memiliki standar penjualan di angka $ 10.000, dan kesulitan untuk mendapatkannya. Mengingat proses pembuatan yang rumit dan persediaan yang sengaja dijatah ke butik menjadikan tas tersebut memiliki cap eksklusivitas.

Jane Birkin mempunyai nama lengkap Jane Mallory Birkin yang dikenal sebagai aktris dan penyanyi kelahiran Inggris. Ia lahir pada tanggal 14 Desember 1946 di Marylebone, London, Inggris.

Aktris dan penyanyi ikonik ini merupakan anak dari pasangan Judy Campbell seorang aktris panggung dan ayahnya David Birkin adalah seorang komandan angkatan laut. Ia memulai karier sebagai aktris pada tahun 1966.

Ia juga dikenal di seluruh dunia terutama karya kolaborasinya dengan Serge Gainsbourg yang sukses selama sepuluh tahun. Tidak hanya itu ia mempunyai karier yang sangat cemerlang dan sukses sebagai aktor terutama di Prancis.

Beberapa film terkenal yang pernah diperankan oleh Jane Birkin diantaranya adalah La Piscine, Blow-Up, Evil Under the Sun, dan Don Juan. Ia bahkan pernah mendapatkan penghargaan Cesar di tahun 1992 melalui aktingnya di film La Belle Noiseuse. Jane menikah dengan John Barry namun hubungannya tidak bertahan lama dan berpisah di tahun 1968. Ia juga dekat dengan beberapa orang diantaranya Serge Gainsbourg, Jacques Doillon dan Oliver Rolin.

Birkin mempunyai tiga orang putri dari beberapa pasangannya yaitu Kate Barry anaknya dengan John Barry, Charlotte Gainsbourg anaknya dengan Serge Gainsbourg, dan Lou Doillon anaknya dengan Jacques Doillon. Seperti ibunya, anak-anak dari Jane Birkin pun berkarier dalam dunia seni seperti Kate Barry yang menjadi fotografer profesional, Charlotte Gainsbourg yang menjadi aktris dan penyanyi, serta Lou Doillon yang berkarier menjadi model dan penyanyi.

Jane Birkin meninggal dunia di usia 76 tahun pada tanggal 16 Juli 2023 di rumahnya diduga karena kondisi kesehatannya. Adapun ia dikenal sebagai sosok ikonik dalam dunia seni dan budaya sehingga dihormati banyak orang terutama sebagai orang Inggris yang dihormati di Paris.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Jajaki Industri Musik, Jian Shuja Rilis Single Perdana
Next post Budi Arie Setiadi Resmi Dilantik Jadi Menkominfo