Gempa Bumi 3,4 SR Guncang Keerom Papua

SINMETA.ID, Keerom – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) resmi menginformasikan bahwa hari Senin 8 Mei 2023 sore ini wilayan Keerom, Papua diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,4 SR.

“Gempa Mag: 3.4, 08-May-2023 13:46:44 WIB.” Kutipan dari akun resmi Twitter info BMKG, Senin (08/05/2023).

Pusat guncangan gempa tersebut berada di area darat 41 kilometer timur laut Keerom, Papua dengan koordinat titik gempa di 3.19 LS (Lintang Selatan, dan 141.10 BT (Bujur Timur), serta kedalaman pusat gempa berada di kedalaman 31 kilometer, terjadi pada pukul 13.46WIB atau 14.36 Wita.

Dilansir dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika, diharap warga untuk tidak panik dan berikut beberapa tindakan yang harus dilakukan ketika gempa bumi :

1. Tidak Panik dan Tetap Mencoba Tenang

Jika terjadi gempa bumi maka penting untuk menjaga diri agar tidak panik dan tetap tenang. Hal ini agar kita bisa berpikir jernih akan tindakan yang harus dilakukan. Jika ada petunjuk jalur evakuasi maka ikutilah petunjuk dan arahan dengan tertib.

2. Keluar dari Bangunan

Diharapkan untuk sesegera mungkin bisa keluar dari bangunan seperti rumah, kantor, mall, atau gedung tempat lainnya saat terjadi gempa bumi. Hal ini untuk menghindari yang tidak diinginkan akan terjadinya reruntuhan jika bangunan tersebut tidak kuat menahan besaran kekuatan magnitudo gempa bumi.

3. Gunakan Tangga Darurat

Jika anda berada di dalam gedung maka untuk bisa turun menggunakann tangga darurat dan tidak menggunakan lift.

4. Berlindung dari Reruntuhan

Jika anda berada di dalam gedung yang tinggi dan tidak bisa segera keluar, maka segera lindungi tubuh dari reruntuhan dengan berlindung disudut ruangan yang kuat seperti dinding serta hindari benda-benda yang bisa jatuh seperti lemari, meja dan lainnya.

5. Tindakan di Area Terbuka

Jika anda berada di area terbuka maka menjauhlah dari area bangunan, pohon, tiang listrik, papan reklame, atau benda-benda yang bisa berpotensi runtuh akibat goncangan gempa.

6. Tindakan Saat Berada di Pantai

Segera menjauh dari tepi pantai dan mencari tempat yang lebih tinggi. Hal ini untuk mewaspadai resiko terjadinya tsunami akibat gempa bumi.

7. Tindakan Saat Ada di Pegunungan

Jika anda berada di pegunungan maka hindarilah daerah yang memiliki potensi longsor, dan juga untuk tidak berdekatan dengan pepohonan tingga yang berpotensi runtuh.

Berikut adalah hal yang bisa dilakukan ketika terjadi gempa bumi dalam upaya penyelamatan diri. Stay safe and sound.

 

(IHM)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kadinkes Lampung Reihana Diperiksa KPK
Next post Jokowi Minta Konfik Bersenjata di Myanmar Dihentikan