Seminggu Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok Masih Terpantau Normal

SINMETA.ID, Bogor – Seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang akan jatuh pada tanggal 22 hingga 23 April 2023 mendatang belum membuat harga bahan pokok di pasaran meningkat. Harga bahan bahan kebutuhan di pasar terpantau masih normal dan belum mengalami kenaikan secara signifikan.

Menurut pantauan SINMETA di Pasar Sukasari Kota Bogor pada Jumat dinihari (14/04/2023), harga kebutuhan pokok seperti ayam, sayur mayur dan ikan masih nampak normal. Ayam misalnya yang tidak mengalami kenaikan di harga Rp 33.000 per kilogram. Menurut Yayat, salah satu pedagang ayam yang berjualan di Pasar Sukasari, harga ayam masih normal dan belum mengalami kenaikan secara signifikan.

“Harga ayam masih belum berubah. Masih sama saat awal Ramadhan kemarin. Tapi gak tau ya mungkin nanti mendekati lebaran harganya bisa berubah drastis. Biasanya akan naik sehari atau dua hari menjelang hari raya” tutur Yayat.

Hal itu juga disampaikan oleh Marwan, pedagang di los ikan. Harga udang masih dibanderol dengan harga Rp 60.000 per kilogramnya. Tidak ada perubahan harga yang signifikan terhadap harga udang sebelum dan saat Ramadhan.

“Kalau udang cenderung harganya malah turun, sebelum Ramadhan kemarin Rp 63.000 sekarang per kilogramnya Rp 60.000. Tapi enggak tau apakah nanti harganya mendekati lebaran Idul Fitri berubah atau enggak” ujar Marwan.

Untuk harga sayur mayur seperti bayam, kangkung, sawi dan jenis sayuran lain juga masih cenderung sama. Beberapa pedagang mengaku stok di Pasar Sukasari masih aman dan stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Harga kebutuhan pokok menjelang lebaran biasanya cenderung akan naik diakibatkan pola konsumtif dari masyarakat yang meningkat sesaat atau sebelum hari raya Idul Fitri. Ditambah lagi dengan masyarakat sudah bebas merayakan lebaran setelah masa pandemi usai.

 

(FW/RS)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Ketum KONI Apresiasi Prestasi Cabor Bulutangkis Indonesia
Next post Gunakan CGI, Film Khanzab Yakin Gemparkan Layar Indonesia