Pasca Banjir Palangkaraya, Warga Keluhkan Demam Hingga Gatal Gatal

SINMETA.ID, Palangkaraya – Banjir yang merendam sebagian wilayah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah membuat sejumlah warga yang terdampak mengalami beberapa gangguan kesehatan. Warga yang terdampak banjir di Jalan Anoi Palangkaraya misalnya mengeluhkan sakit demam hingga gatal gatal pasca banjir yang merendam kawasan itu. Petugas kesehatan pun langsung memberikan pertolongan pertama kepada para warga terdampak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangkaraya dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangkaraya langsung memberikan penanganan medis di sejumlah posko yang ada di sekitar kawasan Jalan Anoi Palangkaraya pada Selasa (11/04/2023). Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat ini merupakan salah satu rangkaian Satuan Tugas (Satgas) Banjir Kota Palangkaraya.

 

Para korban banjir di Palangkaraya mendapatkan bantuan pemeriksaan medis di posko posko terdekat. (Foto oleh Pangkan B.)

 

Terlihat puluhan warga mendatangi posko dan melakukan pengecekan kesehatan. Kebanyakan dari mereka yang datang adalah orang tua dan anak anak. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas Puskesmas Bukit Hindu.

Sedikitnya puluhan warga mengikuti pengecekan kesehatan pertama warga dilakukan pengecekan tensi atau tekanan darah. Setelah itu, warga akan ditanya terkait keluhan yang dialaminya selama ini untuk mengetahui sakit apa yang tengah diderita. Usai petugas kesehatan dari Puskesmas Bukit Hindu mengetahui sakit yang diderita oleh warga, petugas memberikan obat dan dosis yang harus diminum setiap harinya.

Banjir yang merendam sebagian besar wilayah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah sejak 6 hari yang lalu membuat ratusan rumah terendam banjir dan ratusan KK terdampak. Saat ini banjir di Kota Palangkaraya sudah berangsur surut dan warga sudah mulai kembali untuk membersihkan rumahnya masing masing

(FW)

 

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Jelang Arus Mudik, Presiden Akan Tinjau Pelabuhan Merak Banten
Next post Pelabuhan Padang Bai Siapkan Fasilitas Menjelang Mudik Lebaran