Presiden Tinjau Pesawat Baru TNI AU Hercules C130J

SINMETA.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pesawat baru milik TNI yakni C-130J Super Hercules A-1339 di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pada Rabu (8/3/2023). Dalam kesempatan itu, Presiden memuji kecanggihan pesawat yang menurutnya dapat memperkuat armada milik TNI. Ia juga mengatakan bahwa armada terbaru TNI ini akan sangat mendukung operasi militer dan kegiatan kemanusiaan di Indonesia.

“Hari ini kita sudah menerima pesawat yang sangat canggih. Saya sudah masuk dan meninjau langsung. Saya diberitahu bahwa pesawat ini mampu mengangkut sekitar 98 orang penerjun dalam sekali penerbangan. Tapi kalau bukan penerjun kapasitasnya bisa sampai 128 orang dengan berat maksimal sampai 19,9 ton” jelas Presiden di hadapan para wartawan di Lanud Halim pada Rabu pagi, (05/03/2023).

Pesawat yang akan digunakan oleh TNI AU tersebut merupakan pesawat berbodi besar yang mampu terbang menjangkau seluruh wilayah nusantara hanya dengan waktu terbang selama 11 jam saja. Presiden juga berharap pesawat ini akan mampu terbang ketika nanti ada peristiwa bencana alam yang membutuhkan mobilitas tinggi bagi bantuan maupun relawan yang membawa logistik.

Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo telah memastikan bahwa akan ada lima pesawat Super Hercules yang dipesan oleh Indonesia. Adapun lima pesawat tersebut nantinya akan datang secara bertahap. “Yang kita pesan ada lima, tadi Pak Menhan [Prabowo] menyampaikan hari ini datang satu, Juni tambah satu lagi, Juli tambah satu, Oktober tambah satu, Januari tambah satu. Sehingga nantinya akan ada lima pesawat yang akan datang ke Negara kita setelah dipesan,” pungkas Jokowi.

Pesawat jenis Super Hercules C-130J ini memiliki banyak keunggulan dan memiliki berbagai macam fitur mutakhir yang cukup berbeda dengan seri seri Hercules sebelumnya. Pesawat ini memiliki sistem kokpit yang lebih canggih dengan sistem avionik-penerbangan-digital terintegrasi penuh dibandingkan dengan pesawat Hercules seri sebelumnya.

(fw)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Rayakan 20 Tahun Berkarya, Maliq & D’Essentials Gelar Konser Tunggal
Next post Timnas Taekwondo Indonesia Raih Medali Emas di Bulgaria Open 2023