Presiden Yakini Hilirisasi Sebuah Lompatan Besar, Harus Berani, Jangan Mundur

Sinmeta-, Meski digugat di Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO, Presiden mendorong agar pemerintah Indonesia tetap berani maju dalam menghadapi gugatan tersebut. Presiden Joko Widodo meyakini bahwa hilirisasi akan menjadi lompatan besar peradaban negara. Demikian disampaikan Presiden Jokowi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta (10/1).

“Kita harus berani seperti itu, kita tidak boleh mundur, kita tidak boleh takut karena kekayaan alam itu ada di Indonesia. Ini kedaulatan kita dan kita ingin dinikmati oleh rakyat kita, dinikmati oleh masyarakat kita”, ujar Joko Widodo.

Presiden Yakini Hilirisasi Sebuah Lompatan Besar, Harus Berani, Jangan Mundur

Presiden Soekarno pada tahun 1965, lanjut Joko Widodo, memberikan pesan bahwa Indonesia harus mampu berdikari dan tidak menggantungkan diri kepada negara mana pun. Selain itu, Presiden Soekarno juga mendorong pemerintah untuk memperluas kerja sama yang sederajat dan saling menguntungkan dengan negara lain.

“Bung Karno tahun 1965 sudah menyampaikan itu, supaya kita tidak bisa didikte dan tidak menggantungkan diri kepada negara mana pun. Inilah yang ingin kita lakukan, berdikari, berdikari, berdikari”, lanjut Joko Widodo.

Untuk itu, dalam kesempatan saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa lalu, Presiden menuturkan bahwa ia mendorong adanya kesetaraan dalam kemitraan antarnegara, sehingga tidak ada satu negara yang merasa lebih unggul daripada negara lain.

Presiden Yakini Hilirisasi Sebuah Lompatan Besar, Harus Berani, Jangan Mundur

“Saya menyampaikan (di KTT ASEAN-Uni Eropa) kemitraan itu harus setara dan tidak boleh ada pemaksaan, tidak boleh negara mana pun mendikte, dan tidak boleh negara-negara maju itu merasa bahwa standar mereka lebih bagus dari negara kita”, tambah Joko Widodo. (wemfauzi; foto bpmisetpres)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pascagempa M7,5 Teridentifikasi 92 Rumah Warga Tanimbar Rusak
Next post BSI Aceh Paparkan Pembiayaan KUR 2022 Melebihi Target