Saba Budaya Baduy 50 Terbaik Desa Wisata

Sinmeta-, Sedang mencari destinasi wisata yang masih alami ?.  Desa wisata suku Baduy atau Saba Budaya Baduy bisa menjadi pilihan yang menarik lhooo.  Baduy atau Kanekes adalah salah satu desa di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Suku Baduy atau urang Kanekes adalah penghuni desa tersebut. Mereka merupakan sekelompok masyarakat yang memegang teguh kearifan lokal.

Sekedar informasi Saba Budaya Baduy di Lebak, Banten, masuk dalam 50 desa wisata terbaik se-Indonesia oleh Kemenparekraf dalam Anugerah Desa Wisata (ADWI 2022). Baduy menjadi salah satu desa terbaik dari 3.000 desa wisata yang ada di Indonesia.

Saba Budaya Baduy 50 Terbaik Desa Wisata

Suku Baduy terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Perbatasan antara kedua wilayah tersebut ditandai dengan sebuah gubuk terbuat dari bambu sebagai tempat menginap suku Baduy Dalam ketika mereka berladang.

Suku Baduy memang sangat ketat memegang adat istiadat, tetapi mereka tidak terisolasi atau terasingkan dari perkembangan dunia luar. Ada beberapa hal yang menjadi pantangan atau tabu bagi mereka. Salah satunya adalah mengambil foto, terutama di wilayah Baduy Dalam.

Namun untuk Baduy luar, diperbolehkan kok mengambil foto, bahkan di sana masyarakat Baduy juga menjual hasil karya mereka lho. Hasta karya yang dijual antara lain kain tenun baduy, ikat kepala lomar, batik khas baduy, pakaian khas baduy, selendang kain, tas koja, dompet, dan aneka sovenir.

Saba Budaya Baduy 50 Terbaik Desa Wisata

Kain tenun baduy sungguh unik. Kain tersebut menggunakan pewarna alami dqri bahan baku kayu-kayuan dan rempah-rempah. Bahan kayu dan rempah tersebut dimasak hingga mengeluarkan warna, misalnya warna kuning didapatkan dari kayu nangka, warna coklat dari kayu mahoni, dan kayu mentru segir atau secang menjadi warna merah.

Jika saatnya musim buah tiba, kita bisa lhooo memborong buah-buahan seperti pisang, durian, keranji. Jangan lupa pula gula aren khas Baduy. Jadi … bagaimana …, Saba Budaya Baduy bisa menjadi pilihan yang menarik kan ?. (triviabarantancilegon)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Tahun 2023 Pemerintah Prioritaskan Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan
Next post Defisit APBN Tahun Depan Berada Di Bawah 3 Persen