Moeldoko : Berani Memimpin

Indonesia International BOOK FAIR yang diadakan pada 9-13 November 2022 akan meluncurkan buku M-Leadership BERANI MEMIMPIN di Jakarta Convention Hall Jakarta. Buku ini menceritakan bagaimana pengalaman dan gaya memimpin Jenderal TNI (Purn) DR. Moeldoko yang berani sekalipun menghadapi resiko yang berbahaya.

Dalam Dictionary Oxford menyatakan seorang pemimpin adalah the action of leading a group of people or an organization. Artinya ada tindakan untuk mengarahkan atau mengantar orang atau kelompok kepada tujuan yang dicita-citakan.

Moeldoko adalah seorang anak petani yang lahir dari keluarga yang sangat sederhana. Tidak mudah bagi seorang Moeldoko masuk dalam akademi militer yang kemudian mencapai tujuan menjadi seorang Jenderal bintang empat dan Panglima TNI.

Selain itu, dengan kegigihannya Moeldoko mampu menyelesaikan pendidikan S3 di Univeritas Indonesia dengan hasil terbaik. Tidak mudah untuk mencapai hasil tersebut tanpa karakter keberanian. Berani menyelesaikan dan bertanggungjawab pada level akademisi. Kemampuan seperti ini jarang dimiliki.

Lagi pula Keberanian memimpin Moeldoko, telah membawanya menjadi kepercayaan Presiden Ir. Joko Widodo sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP). Ini bukan perkara mudah untuk menjalankan tugas-tugas negara mendampingi Presiden Jokowi kalau bukan cara memimpin yang berani.

Moeldoko adalah seorang yang berani memimpin dan berani turun ke bawah untuk melayani. Slogan Pemimpin Berani Melayani dibuktikan dengan merendahkan hati untuk mendengar bawahannya dan berani mewujudkan kepentingan banyak orang.

Ketulusan memimpin dalam keberanian, sebenarnya kebih banyak ditunjukan Moeldoko dalam kesehariannya baik dalam keluarga dan masyarakat. Karena berani memimpin itu adalah bagian penting dalam hidupnya.

Dengan demikian sudah saatnya buku M-Leadership BERANI MEMIMPIN ini diluncurkan untuk menjadi contoh yang baik bagi generasi yang akan datang bahwa pemimpin itu harus berani memimpin, berani mengambil tindakan nyata, berani bertanggungjawab dan berani melayani. Buku ini adalah legacy kita, legacy bangsa dan negara Indonesia.


George Kuahaty
Direktur
Sinar Media Infotama (SINMETA)

Bagikan berita ini:

One thought on “Moeldoko : Berani Memimpin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kepemimpinan Nasional Dan Kehendak Rakyat Untuk Perubahan Pandangan Milenial terhadap Peluncuran Buku Berani Memimpin oleh Jenderal TNI (Purn). Dr. Dr. (H.C) Moeldoko.
Next post Remaja Perlu Disiapkan Miliki Perencanaan dan Persiapan Kehidupan Berkeluarga