Presiden Joko Widodo Bertemu Raja Eswatini Bahas Peningkatan Kerja Sama Ekonomi

Sinmeta-, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Raja Eswatini, Raja Mswati III, di Istana Merdeka, Jakarta (24/8), selain membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara. Kedua pemimpin juga berbicara mengenai bagaimana swasta dan BUMN kedua negara dapat didekatkan lebih dekat lagi.

“Kunjungan ini sebenarnya gabungan antara kunjungan dalam rangka wisata, holiday, tetapi juga digunakan oleh Raja Eswatini untuk melakukan pertemuan dengan Bapak Presiden dan membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara, khususnya di bidang ekonomi”, ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden.

Presiden Joko Widodo Bertemu Raja Eswatini

Dan satu hal yang sudah ada kemajuan dari pertemuan terakhir kedua pemimpin pada 2019 yakni sudah adanya perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang wellness spa yang berada di Eswatini. Menurut Menlu, hal tersebut merupakan pembuka awal dari berbagai kerja sama lainnya. “Bahkan Raja Eswatini mengatakan, dari perusahaan wellness yang berada di Eswatini ini rencananya Eswatini akan mengimpor kosmetik-kosmetik produk Indonesia”, jelas Retno Marsudi.

Terkait bagaimana swasta dan BUMN kedua negara dapat didekatkan lebih dekat lagi. Menurut rencana, kata Retno Marsudi, kedua negara akan menandatangani kerja sama penguatan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi. Dan kedua menteri luar negeri ditugaskan untuk melakukan mempersiapkan dokumen tersebut.

“Jadi walaupun pembicaraannya singkat, namun pembicaraan fokus pada upaya untuk peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk di dalam bidang infrastruktur, energi, pariwisata, dan juga dari aspek kesehatan”, tutur Retno Marsudi.

Presiden Joko Widodo Bertemu Raja Eswatini

Dan kunjungan Raja Mswati III ke Indonesia ini bukan kunjungan yang pertama kalinya. Sebelumnya Raja Mswati III pernah mengunjungi Indonesia pada tahun 2002, 2003, 2007, 2008, 2015, dan 2019.

Turut mendampingi Presiden antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara, Raja Mswati III didampingi Menteri Luar Negeri Eswatini Thulisile Dladla. (wemfauz; foto bpmisetpres)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Ajak Industri Furnitur Optimalkan Potensi Pasar Dalam Negeri
Next post Ibu Iriana Dan Ibu Wury Tinjau Pelaksanaan Tes IVA Di Tangerang