Pemuda Penggerak Ekonomi, Kuncinya Produktif, Bangun Peta Jalan, Dan Kreatif

Sinmeta-, Para pemuda Indonesia harus turut aktif menjadi penggerak ekonomi Indonesia, khususnya melalui platform digital. Dan kunci sukses untuk diteladani para pemuda yaitu selalu produktif, memiliki rencana atau peta jalan (road map), serta kreatif untuk sukses dalam berusaha.

Demikian motivasi yang diberikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di hadapan sejumlah pemuda dari 50 kota di Indonesia yang hadir dalam forum Youth City Changers/YCC (Kolaborasi Komunitas Muda Kota) di Padang, Sumatra Barat (7/8).

Kegiatan tersebut, diinisiasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Dewan Pengurus Apeksi sekaligus Wali Kota Bogor Bima Arya, dan Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Sekretaris Jenderal Suhanto dan Inspektur Jenderal Didid Noordiatmoko.

Youth City Changers/YCC (Kolaborasi Komunitas Muda Kota) Padang, Sumatra Barat

“Hidup harus produktif agar bermakna dan menghasilkan manfaat yang bernilai. Selain itu, harus memiliki peta jalan sehingga rencana ke depan dilalui lebih mudah dilalui asal dikerjakan dengan tekun dan kerja keras. Selanjutnya, anak muda juga harus kreatif. Saya yakin, jika itu diterapkan, anak-anak muda hidupnya akan sukses”, tegas  Zulkifli Hasan.

Saat ini dunia sudah sangat terkoneksi dan hampir tanpa sekat sehingga digitalisasi menjadi bagian penting dari aktivitas perdagangan. Untuk itu, keterampilan memanfaatkan platform digital dalam berdagang menjadi salah satu hal yang harus dikuasai pemuda agar mampu berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Saatnya anak-anak muda saat ini didorong tidak hanya mengarah pasar dalam negeri, tapi harus menyerbu pasar global. Kementerian Perdagangan telah menyiapkan ‘jalan tol’ yang bisa dimanfaatkan dengan perjanjian dagang, seperti di level ASEAN dan juga dengan Uni Emirat Arab yang bisa digunakan sebagai hub ke pasar internasional yang lebih luas dengan bebas tarif.

“Maka, ditambah dengan kemudahan yang ditawarkan platform digital, diharapkan anak muda bisa menyerbu membawa produk Indonesia ke dunia”, ujar Zulkifli Hasan.

Pada 2021, nilai transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) Indonesia mencapai Rp401 triliun dan diperkirakan mencapai Rp526 triliun pada 2022. Transaksi e-commerce lintas negara oleh konsumen Indonesia juga tumbuh signifikan mencapai USD 3,36 miliar atau tumbuh 90,08 persen pada 2021.

Youth City Changers/YCC (Kolaborasi Komunitas Muda Kota) Padang, Sumatra Barat

Selain e-commerce, perkembangan perdagangan aset kripto juga tumbuh signifikan selama dua tahun terakhir. Di tahun 2020 nilainya hanya sebesar Rp.64,9 triliun, namun pada 2021 sudah mencapai Rp.859,4 triliun, dan pada Januari–Juni 2022 mencapai Rp212 triliun.

Forum YCC sangat baik dimanfaatkan para pemuda untuk mengembangkan keterampilan agar dapat adaptif dan responsif terhadap dinamika nasional dan global. Hal ini penting bagi pemuda mengingat Indonesia mendapat bonus demografi dengan jumlah populasi pemuda mencapai lebih dari 64 juta jiwa pada 2021.

“Saya ingin mengajak anak-anak muda untuk berkontribusi meningkatkan perdagangan digital di Indonesia. Saya percaya masa depan Indonesia ada di tangan anak muda”, tegas Zulkifli Hasan. (lela; foto humaskemendag)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post PUPR Rehabilitasi 430 Rumah, Warung, Kios, Kafe di Koridor KKSPN Bromo – Tengger – Semeru
Next post Monica Nike ‘Keke’ Adiba Tampil Diajang Kompetisi KWC 2022 Norwegia