Barista Dan Kuliner Dalam Festival Bakul Jakarta 2022, Bebek Oblok Jadi Lomba Kuliner

Sinmeta-, Kuliner menjadi salah satu sektor bisnis yang paling banyak digeluti, dan sektor ini juga hadir dalam berbagai pilihan. Mulai dari makanan, kudapan, minuman, hingga pencuci mulut. Sehingga pilihan kulinernya juga dibuat dengan bahan atau tampilan yang unik, lain dari biasanya. Dan tak heran sektor bisnis kuliner bermunculan dari pelaku UMKM di Indonesia.

Menurut Statistik Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020 yang diterbitkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, subsektor kuliner merupakan usaha industri pariwisata dan ekonomi kreatif terbesar dengan persentase usaha terbanyak yaitu 43,644.

Namun, dampak dari Covid-19 cukup pula membuat para pelaku UMKM terpaksa menutup bisnisnya. Hal ini diamini Badan Pusat Statistik tahun 2020 yang mengatakan bahwa berdasarkan Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha, sebanyak 92,4796 sektor usaha akomodasi dan makan minum paling terdampak.

Festival Bakul Jakarta 2022

Berangkat dari hal ini, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara membuat wadah khusus untuk membangkitkan kembali UMKM, yaitu Festival Bakul Jakarta 2022 yang menghadirkan kuliner khas nusantara, dan diselenggarakan di Plataran Mall Artha Gading, pada 27-28 Agustus 2022, kemarin.

“Setelah pandemi mereda, kami melihat banyak UMKM yang mencoba bangkit. Tentu ini menjadi hal yang positif yang harus kita dukung penuh, apalagi jika kulinernya adalah makanan khas Indonesia. Selain membantu meningkatkan perekonomian, kuliner Indonesia juga bisa semakin dikenal banyak orang”, ujar Wiwik Satriani, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara.

Tak dipungkiri memang jika berbicara soal kuliner nusantara, Indonesia selain kaya akan budaya, juga kaya akan hasil alam seperti rempah-rempah. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keanekaragaman kuliner dengan cita rasa yang lezat. Bahkan hampir di setiap daerahnya memiliki makanan khas-nya tersendiri.

Salah satu agenda acara Festival Bakul Jakarta 2022 adalah lomba kuliner memasak Oblok Bebek khas Betawi. Makanan khas yang terdiri dari berbagai macam rempah khas indonesia dengan rasa yang lezat. Pemilihan menu ini tentunya salah satu bentuk usaha untuk memperkenalkan makanan khas daerah Jakarta, khususnya Jakarta Utara.

Festival Bakul Jakarta 2022

Diungkap oleh Ali Maulana Hakim selaku Walikota Administratif Jakarta Utara dalam acara penutupan Festival Bakul Jakarta 2022, ada ciri khas disuatu daerah yang makanannya tak bisa ditiru ditempat lain, karena resepnya dimiliki oleh pencipta resep diawal. Harus diingat setiap kuliner memiliki ciri khas rasa dan menempel identitas daerah, atau bangsa.

“Nah … Bebek Oblok ini merupakan hidangan asli dari Jakarta Utara yang kaya akan rempah-rempah, rasanya agak pedas, unik. Jika perlu kita akan daftarkan ke HAKI supaya Bebek Oblok ini menjadi hidangan asli milik Jakarta Utara. Saya harap nanti Jakarta Utara bisa dikenal dengan hidangan khasnya”, papar Ali Maulana Hakim pada acara penutupan Festival Bakul Jakarta (28/08/2022).

Festival Bakul Jakarta 2022 ini diikuti oleh kurang lebih 32 peserta yang 704 nya terdiri dari UMKM binaan atau Jakpreneur Jakarta UtaraTak hanya itu, 18 grup Ibu-ibu PKK dari 6 Kecamatan Jakarta juga akan berpartisipasi dalam lomba memasak Bebek Obiok Tak tanggung-tanggung, yang akan menjadi juri dalam lomba ini adalah chef dari Indonesia Chef Association, serta ada 40 tenant yang akan menjajarkan jajanan Nusantara.

Selain sebagai bentuk dukungan agar para pelaku UMKM bisa melanjutkan bisnis, dalam Festival Bakul Jakarta 2022 ini juga diadakan Manual Brew Competition untuk para Barista dan lomba memasak Bebek Oblok yang diikuti oleh UMKM dan Ibu-ibu PPK. Dewan juri yang kami hadirkan juga orang-orang yang benar-benar kompeten di dalamnya.

Festival Bakul Jakarta 2022

“Jadi Festival Bakul Jakarta 2022 ini tidak hanya ada UMKM. Kami juga melibatkan professional-profesional yang berkaitan dengan kuliner untuk berkompetisi. Seperti ini, kami mengadakan Manual Brew competition bagi para Barista. Di sini Barista bisa mengadu kebolehannya dalam membuat kopi. Dewan juri yang kami hadirkan juga orang-orang yang kompeten. Selain itu acara ini juga sebagai ajang para penikmat kuliner untuk mencoba lebih banyak lagi makanan”, papar Wiwik Satriani.

Juara Lomba Memasak Bebek Oblok dimenangkan untuk 5 kategori, yaitu :

Juara 1 – Tim Seroja Kecamatan Penjaringan
Juara 2 – Tim Bangkit dari Kecamatan Pademangan
Juara 3 – Tim Lestari dari Kecamatan.Pademangan

Juara Harapan :

Juara Harapan 1 – Tim Dapur Kemuning 1
Juara Harapan 2 – Tim Dapur Kemuning 2

Festival Bakul Jakarta 2022

Sementara itu, 5 kategori juga diberikan kepada para pemenang lomba Barista Manual Brew, mereka adalah :

Kiki – Juara 1
Deden Fitriadi – Juara 2
Alfi Andiha – Juara 3

Juara Harapan :

Husein – Juara Harapan 1
Ahmad Praditya – Juara Harapan 2

Lebih lanjut, Wiwik Satriani juga menyampaikan Festival Bakul Jakarta 2022 juga untuk memperkenalkan kuliner khas Indonesia yang mulai tergerus oleh makanan atau jajanan viral ala milenial. “Banyaknya makanan asing yang masuk membuat generasi muda atau milenial kita hampir lupa bahwa Indonesia juga memiliki makanan dan jajanan khas yang tidak kalah enak. Bahkan makanan khas Indonesia seperti rendang, dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia”, katanya.

Menurut Wiwik Satriani, majunya UMKM ini berbanding lurus dengan semakin dikenalnya kuliner nusantara di mata khalayak. Untuk itu, perlu adanya dukungan yang konsisten dan kesadaran penuh dari msyarakat untuk menghargai budaya sendiri.

Festival Bakul Jakarta 2022

“Kami harap Festival Bakul Jakarta 2022 ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM dan masyakat. Dan tentu saja, acara seperti ini akan terus kami upayakan ada demi kemajuan UMKM khususnya di bidang kuliner”, tutup Wiwik Satriani.

Selain acara bazar makanan, perlombaan memasak Bebebk Oblok dan Manual Brew competition terdapat juga acara hiburan yang menampilkan Naff dan Ghea Indrawari, hadir juga dan Selebriti chef Devina Hermawan yang akan menjadi juri tamu. (lela; foto yayo)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Gunakan Nama Terawan, Iklan-Iklan Obat Di Medsos … Hoaks..!
Next post 102 Kg Cabai Beku Produksi Pesantren Program ‘Juara Ekspor Cabai’ Tembus Negeri Sakura