Malaysia Tak Lagi Terapkan Karantina Pada Kasus Positif Covid

SINMETA.CO.ID, Kuala Lumpur – Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengumumkan, mulai 15 Juli 2024, penderita Covid-19 tak lagi perlu melakukan karantina di rumah.

KKM pada Sabtu (6/7/2924) mengatakan, individu yang positif Covid-19 akan diperlakukan sama seperti infeksi saluran pernafasan lainnya dan tidak lagi diberikan perintah pengawasan rumah atau karantina di rumah.

Meski demikian, KKM mendorong mereka yang terkena Covid-19 menjalankan tanggung jawab sosial untuk tetap berada di rumah atau tempat tinggalnya mengingat mereka masih berpotensi menyebarkan infeksi. Selain itu, KKM meminta segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut ke fasilitas kesehatan apabila gejala memburuk. KKM juga mengimbau bagi mereka yang merupakan kontak erat dengan individu positif Covid-19 memantau kesehatannya.

Apabila ada gejala yang memburuk disarankan melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke fasilitas kesehatan.

KKM mengimbau mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 menggunakan masker, meminimalkan interaksi sosial dan menghindari tempat keramaian. Bagi mereka yang memiliki gejala seperti batuk dan flu dianjurkan menggunakan masker, terutama saat berada di fasilitas kesehatan atau keramaian dengan ventilasi yang buruk.

Meski Malaysia akan memasuki peralihan fase hidup bersama Covid-19, KKM mengatakan tetap memantau situasi terkini di tingkat global dan nasional.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Polres Bandung Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas Saat Festival Asia Afrika
Next post Harashta Haifa Zahra, Mojang Bandung Yang Jadi Miss Supranational 2024