BMKG Temukan 87 Titik Api Karhutla di Sumatera

SINMETA.CO.ID, Pekanbaru – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendeteksi 87 titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera. Seluruh hotspot tersebar di 9 provinsi, yakni Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Bangka Belitung.

Forecaster on Duty BMKG Pekanbaru Gita Dewi S mengatakan hotspot terbanyak berada di Sumatera Utara disusul Aceh.

“Di Aceh terdapat 22 titik, Jambi 7, Bengkulu 1, Lampung 10, Sumatera Barat 5, Sumatera Selatan 6, Sumatera Utara 28, Riau 7, dan Bangka Belitung 1 titik,” kata Gita, Kamis (4/7/2024).

Khusus di Riau, 7 hotspot karhutla tersebar di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Rokan Hulu dan Indragiri Hulu (Inhu) .

Sementara, cuaca di Kota Pekanbaru pada hari ini dan sekitarnya cerah dan berawan. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar dan Kota Pekanbaru.

Kemudian, informasi partikulat kelayakan udara di Kota Pekanbaru dan sekitarnya tergolong biasa. Grafik menunjukkan angka 8,10 µgram/m3 menyentuh garis hijau dengan kategori baik.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *