Amran Sulaiman Kembali Dilantik Jadi Menteri Pertanian

SINMETA.CO.ID, Jakarta – Mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kembali menjabat usai dilantik Presiden Joko Widodo. Ketahanan sistem pangan dan pertanian dalam menghadapi El Nino jadi tantangan terbesar Amran, menurut pengamat pertanian.

Usai pelantikan yang digelar di Istana Negara pada Rabu (25/10), Amran mengatakan hal pertama yang akan dilakukan setelah kembali menjabat sebagai Menteri Pertanian adalah melakukan “konsolidasi” dengan tim di kementerian untuk “memberi solusi” pada masalah-masalah di sektor pertanian.

“Yang terpenting adalah bagaimana menyelesaikan masalah-masalah petani, apa keluhan petani,” ujar Amran.

“Bilamana petani berteriak, tidak ada pupuk, itu tanda-tanda produksi akan turun. Ini kita selesaikan dulu, tapi sebelumnya kami akan konsolidasi,” ujarnya kemudian.

Pengamat pertanian mengatakan ketahanan sistem pangan dan pertanian dalam menghadapi El Nino jadi tantangan terbesar Amran.

“Tentunya dengan cuaca yang lebih kering akan ada pergeseran pola tanam oleh petani, misalnya dari padi ke jagung. Kementan perlu mengantisipasi ini dan menyesuaikan program-programnya,” kata Kepala Departemen Penelitian Agricultur dari Indonesian Policy Studies (CIPS), Aditya Alta.

Amran dilantik sebagai Menteri Pertanian definitif menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang sebelumnya mengundurkan diri sebagai Menteri Pertanian setelah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo kemudian menunjuk Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional, sebagai Pelaksana Tugas Menteri Pertanian.

Sebelumnya, Amran Sulaiman menjabat sebagai Menteri Pertanian pada 2014-2019, periode pertama pemerintahan Jokowi ketika berpasangan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketika menjabat sebagai menteri pertanian, Amran Sulaiman adalah salah satu anggota Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla yang kerap ‘digoyang’ menjelang reshuffle jilid II pada 2016. Kala itu, dia dianggap tak mampu mengatasi ketersediaan daging di saat bulan Ramadan.

Selain melantik Menteri Pertanian baru, Jokowi melantik Letjen TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman KSAD yang saat ini akan memasuki masa pensiun pada November tahun 2023 ini.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Prabowo – Gibran Resmi Daftarkan Diri ke KPU
Next post Penyanyi Shena Malsiana Tutup Usia