Kerumunan Festival Olahraga di Madagaskar Sebabkan 12 Orang Tewas

SINMETA.ID, Madagaskar – Setidaknya 12 orang meninggal dunia dalam kerumunan di sebuah stadion utama di Madagaskar saat upacara pembukaan Indian Ocean Island Games, Jumat (25/8/2023). Selain itu, 80 orang terluka dan 11 orang kritis.

Indian Ocean Island Games merupakan acara olahraga multi-cabang yang melibatkan negara-negara di kawasan tersebut. Para atlet dari Komoro, Maladewa, Mauritius, Mayotte, Reunion, dan Seychelles berkompetisi dalam ajang ini.

Stadion Mahamasina, dengan kapasitas hampir 41.000 orang dilaporkan penuh dengan penonton saat pembukaan digelar. Beberapa rekaman video menunjukkan sejumlah orang terluka duduk dengan wajah bingung di tanah. Korban lain terlihat dibawa menjauh dari stadion seperti dilansir dari BBC, Sabtu (26/8/2023).

Presiden Madagaskar Andry Rajoelina, yang hadir dalam acara tersebut meminta penonton untuk mengamati beberapa saat keheningan untuk memastikan tidak ada lagi korban tewas.

“Banyak orang berada di pintu masuk,” kata pejabat Palang Merah Antsa Mirado.

Stadion Mahamasina yang dirancang untuk menampung sekitar 41.000 orang ini sebelumnya telah menjadi lokasi dari kejadian kerumunan yang berakhir tragis. Satu orang tewas dan sedikitnya 37 orang terluka dalam kerumunan sebelum pertandingan kualifikasi untuk turnamen sepak bola pada 2018.

Pada tahun 2019, setidaknya 15 orang meninggal dalam kejadian kerumunan saat konser musik di stadion tersebut. Lalu pada 2016, dua orang tewas dan sekitar 80 orang terluka akibat ledakan granat di tempat yang sama saat perayaan hari nasional Madagaskar.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Mayjen TNI ( Purn ) Eka Wiharsa Terpilih Jadi Ketum Yongmoodo Indonesia
Next post Kebakaran Rumah di Sunter Tewaskan Satu Keluarga