Hujan Meteor Perseid Berlangsung Selama 16 Jam pada 13 Agustus

SINMETA.ID, Jakarta – Fenomena Hujan Meteor akan menghiasi langit pada 12-13 Agustus mendatang. Fenomena menarik ini dilaporkan akan berlangsung selama 16 jam. Anda dapat menyaksikan Hujan meteor ini di Indonesia secara langsung.

Hujan meteor tahun ini disebut-sebut akan menjadi salah satu fenomena langit terbaik di tahun 2023 ini. Sebab, hujan meteor kali ini bertepatan dengan Bulan fase sabit dengan tingkat kecerahan hanya 10 persen. Alhasil, meteor-meteor yang lebih redup pun dapat terlihat.

“Jika cuaca di tempat Anda tinggal cerah dan langit gelap yang bagus, Anda keluar sebelum fajar dan Anda akan melihat Perseid setiap menit atau lebih,” kata ilmuwan meteor NASA Bill Cooke dilansir dari AP News.

Dilansir dari AP News, perseid adalah salah satu hujan meteor terbesar yang bisa kita lihat dan terjadi setiap tahun di akhir musim panas.

Hujan meteor ini terjadi ketika Bumi bergerak melalui bidang puing-puing yang melayang di angkasa. Perseid berasal dari komet Swift-Tuttle, bola es, dan batu besar yang menumpahkan puing-puing berdebu saat mengorbit mengelilingi matahari.

Saat Bumi lewat, potongan-potongan itu terperangkap di atmosfer dan terbakar, menciptakan cahaya yang melesat. Nama Perseid berasal dari konstelasi Perseus, karena jalur meteor tampaknya dimulai dari titik ini di langit.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Richard Eliezer Bebas Bersyarat Sejak 4 Agustus
Next post Presiden Jokowi Terima Pimpinan MPR RI di Istana Merdeka