8 Penambang Emas Yang Terjebak di Banyumas Dinyatakan Meninggal Dunia

SINMETA.ID, Banyumas – Operasi SAR 8 penambang emas yang terjebak di lubang tambang emas Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, resmi dihentikan, Selasa (1/8/2023). Setelah 7 hari operasi, 8 penambang yang terjebak di dalam lubang tambang dinyatakan hilang di kedalaman hingga 60 meter.

Delapan orang penambang emas tersebut seluruhnya berasal dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yakni Cecep Suriyana (29), Muhamad Rama Abd Rohman (38), Ajat (29), Mad Kholis (32), Marmumin (32), Muhidin (44), Jumadi (33), dan Mulyadi (40).

“Korban berdasarkan evaluasi kita dan kondisi alam yang seperti itu, dengan tanda-tanda yang kita terima, maka berdasarkan hasil evaluasi dari tim SAR gabungan, korban delapan orang ini kami nyatakan hilang, di kedalaman 45-60 meter,” kata Kepala Basarnas Cilacap selaku SAR Mission Coordinator Adah Sudarsa, seusai penutupan operasi SAR.

Adah menyebutkan, penutupan operasi SAR merupakan keputusan bersama setelah upaya maksimal yang dilakukan tim SAR gabungan hingga hari ketujuh operasi tidak membuahkan hasil.

Tim SAR telah berupaya maksimal selama 7 hari dengan melakukan pembendungan aliran sungai dan melakukan penyedotan air di lubang-lubang tambang, tetapi permukaan air tidak juga berkurang dan evakuasi tidak bisa dilakukan. Sehingga, berdasarkan hasil evaluasi, maka operasi SAR tidak dilanjutkan.

”Berdasarkan hasil analisis serta musyawarah antara tim SAR gabungan, para ahli, dan keluarga korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup. Apabila terdapat informasi dan atau adanya tanda-tanda korban untuk dapat dievakuasi, maka Operasi SAR dapat dibuka kembali,” tutur Adah.

“Lubang galian cukup kecil, di dalam menggunakan peralatan listrik, sedangkan kondisi air masuk ke dalam, bisa jadi hal-hal tersebut (kecelakaan) bisa terjadi. Bisa jadi ada kejenuhan tanah menimbulkan kelongsoran-kelongsoran di dalam,” tambahnya.

Adah juga menyampaikan belasungkawa pada keluarga korban dan terima kasih kepada seluruh unsur SAR Gabungan yang terlibat dalam operasi SAR Ajibarang.

”Kami atas nama Tim SAR Gabungan memohon maaf sebesar-besarnya serta turut berbela sungkawa atas musibah yang telah terjadi. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan,” tutupnya.

Sementara itu, keluarga 8 orang terjebak di lubang tambang emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas Jawa tengah, hari ini menggelar salat goib dan tabur bunga di lokasi musibah. Keluarga telah mengiklhaskan kepergian para korban saat menambang emas dan terjebak di dalam lubang galian sejak Selasa 25 Juli 2023 lalu.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kerap Jadi Korban Bully, Siswa SMAN 7 Banjarmasin Tusuk Temannya
Next post Mentan Pastikan Pasokan Beras Aman Saat El Nino