Tol Cisumdawu Resmi Dibuka, Bandara Kertajati Siap Bangkit

SINMETA.ID, Majalengka – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan peresmian Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu), Jawa Barat (Jabar) akan meningkatkan aktivitas di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar. Ia menyampaikan kehadiran Tol Cisumdawu dapat mempermudah akses serta mempersingkat waktu tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung, Jabar.

“Dengan begitu, harapannya penerbangan di Bandara Kertajati akan meningkat,” ujar Menhub dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menhub juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselesaikannya hingga diresmikannya Tol Cisumdawu tersebut. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menhub, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Tol Cisumdawu, Selasa (11/7). Presiden bersyukur Tol Cisumdawu yang proses pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2011 akhirnya bisa rampung secara penuh sepanjang 61,6 km.

“Artinya, sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan, utamanya masalah pembebasan lahan/pembebasan tanah,” kata Presiden.

Presiden juga mengatakan, dengan selesainya proyek Tol Cisumdawu maka Bandar Udara Internasional Kertajati siap melayani masyarakat Jawa Barat secara maksimal dan optimal.

“Saya harap dengan peresmian jalan Tol Cisumdawu ini, kita secara bertahap akan memindahkan lalu lintas Bandara Husein Sastranegara di Bandung menuju ke Bandar Udara Kertajati di Majalengka. Mulai bulan Oktober 2023 saya harap bandara ini sudah dapat berfungsi secara maksimal” ujar Presiden

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengaku senang karena Bandara Kertajati kini sudah melayani penerbangan haji dan umrah. Ia menyebutkan, pada 2023, Bandara Kertajati telah digunakan untuk memberangkatkan 8.000 jemaah haji dari tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat. “Saya juga senang karena Bandara Kertajati juga sudah melayani penerbangan umrah hingga empat kali seminggu. Plus juga melayani penerbangan internasional dari Kuala Lumpur ke Kertajati sebanyak dua kali per minggu,” kata Jokowi. Lebih lanjut, Jokowi juga mengeklaim bahwa banyak investor yang ingin menanamkan modal di Bandara Kertajati. “Saya senang karena minat investor untuk ikut berinvestasi di Bandara Kertajati ini minatnya sangat besar sekali dari beberapa negara,” kata Jokowi. Namun demikian, ia enggan menyebutkan dari siapa saja dan dari negara mana saja para investor tersebut karena masih dalam proses penjajakan.

 

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Mirziyoyev Kembali Menangkan Pilpres Uzbekistan
Next post Presiden Tinjau Stadion Si Jalak Harupat untuk Piala Dunia U-17