Parlemen Thailand Jegal Pita Limjaroenrat Jadi PM Thailand

SINMETA.ID, Bangkok – Pemilihan ulang PM Thailand di ruang parlemen pada Rabu (19/7), menghasilkan putusan mengecewakan bagi kandidat tunggal PM Thailand, yakni Pita Limjaroenrat. Presiden Parlemen, Wan Muhamad Noor Matha mengatakan bahwa Pita gagal mengumpulkan suara dominan untuk mendukungnya sebagai seorang Perdana Menteri.

Dilansir dari Bangkok Post, Kamis (20/7), Pita hanya mendapatkan suara sebanyak 312 dari 715 anggota parlemen. Sementara suara lainnya, sebanyak 394 tak memberi dukungan atau menolak, 8 abstain dan satu tidak menggunakan hak pilih. Selain kalah dari segi suara, Pita juga dinilai tak pantas menjadi PM Thailand, lantaran telah gagal di tahap parlemen sebelumnya.

Menurut mereka, anggota parlemen yang menolak Pita, ini merujuk pada Peraturan Sesi Parlemen Nomor 49, dimana melarang pengajuan kembali mosi yang gagal ke parlemen selama sesi parlemen yang sama.

Adapun pada putaran parlemen sebelumnya, pada 13 Juli 2023 lalu, Pita gagal dengan hanya mendapat 324 suara dari yang seharusnya didapatnya sebanyak 375 dukungan.

Lebih lanjut, gagalnya Pita untuk yang kedua kalinya ini lantas membuka peluang bagi partai Pheu Thai yang konon akan mengajukan calon PM Thailand. Meski belum disebut siapa yang akan maju, namun nama seorang pengusaha Srettha Thavisin mencuat di tengah polemik ini.

Srettha dinilai sosok yang paling memungkinkan diusung oleh Partai Pheu Thai untuk maju dalam pencalonan PM. Namun hal itu belum pasti, sebab delapan koalisi yang kini berpihak pada Partai Pheu Thai belum memutuskan.

Presiden Parlemen Wan pun telah menjadwalkan pemilihan PM Thailand lagi jika Partai Pheu Thai mengajukan calon pada 27 Juli 2023 mendatang.

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Punokawan Rilis Single Baru Bertajuk “Denyut Nadi”
Next post Anggota DPRD DKI Bantah Main Judi Slot Saat Rapat Paripurna