Pesawat Thai Airways dan Eva Air Bertabrakan di Landas Pacu Haneda

SINMETA.ID, Tokyo – Sejumlah penerbangan terpaksa mengalami penundaan setelah dua pesawat bertabrakan di parkiran dekat taxiway atau penghubung landasan pacu di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang pada Sabtu (10/6/2023), Reuters mengutip lembaga penyiaran publik NHK.

NHK dan salah satu maskapai penerbangan mengatakan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan terjadi. Namun, insiden tersebut menyebabkan salah satu dari empat landasan pacu di bandara tersebut ditutup sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Stasiun televisi itu menyiarkan cuplikan pesawat penumpang yang dioperasikan maskapai penerbangan Taiwan, Eva Airways, dan Thai Airways, terparkir di darat. Bagian dari sayap pesawat Thai Airways tampak patah, dan terlihat serpihan di dekat landasan.

Thai Airways mengatakan penerbangannya menuju Bangkok berada di taxiway untuk bersiap lepas landas ketika sebuah winglet – bagian di ujung sayap kanan pesawatnya – bertabrakan dengan bagian belakang pesawat Eva yang juga berada di jalur tersebut.

Tabrakan tersebut merusak winglet pesawat Thailand, yang berarti pesawat itu tidak dapat beroperasi kembali, kata maskapai tersebut. Pesawat Airbus A330 membawa 250 penumpang dan 14 awak pesawat.

Eva tidak segera bisa memberikan keterangan.

Kementerian Transportasi Jepang tidak segera menanggapi permintaan komentar. Thai Airways mengatakan otoritas penerbangan sipil Jepang sedang menyelidiki insiden tersebut.

 

(FW/VOA)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post MRT Perbolehkan Masyarakat Lepas Masker
Next post Project Pendidikan, HIVI Kolaborasi Dengan Horizon Karawang