Tol Solo-Yogya Dibuka Fungsional Saat Mudik Lebaran

SINMETA.ID, Solo – PT Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) secara fungsional membuka Jalan Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura selama arus mudik lebaran 2023. Kendaraan yang melintas ruas jalan tol tersebut kecepatannya dibatasi maksimal 40 km per jam.

Direktur Utama PT JMM Suchandra P. Hutabarat menjelaskan pihaknya mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Yogya-Solo periode arus mudik mulai 15-24 April 2023 dan arus balik pada 25 April-1 Mei 2023.

“Karakteristik jalur fungsional ini ialah berupa konstruksi rigid pavement sepanjang 3,5 km dan lean concrete sepanjang 2,5 km dengan jam operasional dari 06.00 WIB sampai 17.00 WIB,” kata Suchandra dalam keterangan resmi, Minggu (16/4).

Kendaraan yang boleh melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk. Sedangkan, kendaraan-kendaraan berat masih dilarang melintasi tol fungsional tersebut.

Suchandra menambahkan akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Yogya-Solo berjarak sekitar 700 meter dari Gerbang Tol Colomadu Jalan Tol Solo-Ngawi.

“Pada periode arus mudik, jika sebelumnya pengguna jalan yang menuju arah Yogyakarta harus belok kiri menuju Jalan Nasional Solo-Semarang ke arah Tugu Kartasura, kali ini pengguna jalan bisa lurus untuk masuk ke jalur fungsional Jalan Tol Yogya-Solo melalui Flyover Ngasem di STA 0+600,” tuturnya.

Selanjutnya pengguna jalan akan melewati jalur fungsional sepanjang 6 km dengan waktu tempuh 3-8 menit dan keluar ke Jalan Sawit untuk menempuh perjalanan sepanjang 800 meter dan masuk kembali ke Jalan Nasional Solo-Yogyakarta.

Suchandra mengatakan dengan menggunakan rute jalur fungsional ini, pengguna jalan dapat menghindari kemacetan yang biasa terjadi di Tugu Kartasura sekaligus mempersingkat perjalanan dari Gerbang Tol Colomadu menuju Klaten.

Jalur tol fungsional ini hanya akan dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik.

 

(FW)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post PSSI Targetkan Indonesia Jadi Peserta Piala Dunia 2038
Next post Kemenag Minta Pemda Fasilitasi Sholat Id Muhammadiyah