Ribuan Kendaraan Padati Puncak, Wisatawan Pilih Balik Kanan

SINMETA.ID, Bogor – Tingginya volume kendaraan yang melintas menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat membuat kemacetan panjang terjadi di Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) pada Senin (24/4/2023). Kemacetan tersebut dimulai dari Tol Jagorawi arah Puncak hingga ke Jalan Raya Puncak-Cisarua.

Ribuan kendaraan mendatangi Kawasan Puncak untuk menikmati libur lebaran. Kawasan Puncak memang merupakan salah satu destinasi tetap yang dipilih oleh masyarakat untuk menghabiskan waktu saat liburan tiba. Hal ini mengakibatkan kemacetan yang tak terurai di kawasan tersebut.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, mengatakan lonjakan volume kendaraan  di jalur Puncak Bogor mulai terjadi sejak Senin dini hari dengan perkiraan 25.000 kendaraan yang memasuki kawasan tersebut.

“Kondisi arus lalu lintas hari ini, hari ketiga lebaran 2023 volume kendaraan dari pukul 00.00 WIB sampai sekarang ini total kendaraan yang melintas sudah dikisaran 25.000 kendaraan,” kata Dicky saat ditemui Bisnis, Senin (24/4/2023).

Berdasarkan pantauan SINMETA di lapangan, Senin (24/4/2023) pukul 07.45 WIB arus lalu lintas sudah padat merayap di kawasan Pintu Tol Ciawi hingga menuju ke simpang tiga Gadog. Adapun, arus lalin menuju puncak dari Gadog terpantau ditutup dan one way berlaku dari Puncak ke arah Ciawi.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi kepadatan hari ini, jajaran Kapolres Bogor akan memberlakukan one way secara bergiliran ke arah atas puncak, maupun ke arah Ciawi.

Pantauan kamera pengawas milik Jasa Marga di Tol Jagorawi menuju arah Tol Ciawi yang menunjukkan kemacetan parah yang mengular dari kendaraan arah Jakarta menuju ke Puncak Bogor.

Pihaknya juga menurunkan 300 personel kepolisian untuk mengamankan dan mengatur lalu lintas di sepanjang jalan menuju Puncak.

“Untuk arus dari bawah juga lagi padat juga dari Cianjur kita sudah koordinasi dengan kepolisian Cianjur untuk lakukan pengalihan arus di cianjur nya,” tandasnya.

Informasi kepadatangan lalu lintas di Tol Jagorawi menuju puncak juga dilaporkan Ditjen Bina Marga PUPR melalui akun Twitter @pupr_binamarga.

“10:09 WIB Terjadi kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta Bogor Ciawi km 47+500 Gadog,” tulis akun @pupr_binamarga, Senin (24/4/2023).

Hingga sore hari pukul 15.00 WIB, kemacetan masih terjadi dan pergerakan kendaraan di kawasan Puncak sangat lambat. Tak sedikit akhirnya wisatawan yang memilih untuk putar balik karena tidak tahan dengan kemacetan yang belum bisa terurai. Petugas di lapangan pun menghimbau kepada para wisatawan yang tidak tahan menunggu kemacetan untuk bisa putar balik kembali ke arah Jakarta.

 

(FW)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Suasana Khidmat WNI Rayakan Lebaran di Kuala Lumpur
Next post BMKG Nyatakan Tsunami di Selandia Baru Tidak Sampai ke Indonesia