Jokowi Siapkan Tim SAR di Brexit Saat Mudik 2023

SINMETA.ID, Jakarta – Anda tentu masih ingat dengan Tragedi Brexit (Brebes Exit) yang terjadi pada mudik lebaran 2016 silam. Saat itu kemacetan terjadi hingga puluhan jam di pintu keluar tol Brebes hingga mengakibatkan belasan nyawa melayang karena kelelahan hingga dehidrasi. Hal ini merupakan catatan kelam bagi sejarah mudik di Indonesia yang tentu tidak boleh terulang lagi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa pemerintah telah melakukan langkah antisipasi agar tak terulang lagi kejadian Brebes exit (Brexit) yang pernah terjadi di tahun 2016.

Dalam hal ini, Jokowi mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim pencarian dan pertolongan atau search and rescue (SAR) untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama arus mudik.

“Nanti akan disiapkan SARNya, SAR akan disiapkan, semuanya,” kata Jokowi di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4/2023).

Jokowi mengaku yakin bahwa perencanaan arus mudik Lebaran tahun 2023 ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab segala macam bentuk antisipasi telah dilakukan.
Mudik 2023 diprediksi akan dilakukan oleh jutaan masyarakat Indonesia mengingat kondisi Indonesia sudah mulai bangkit dan kondusif pasca pandemi yang melanda Indonesia selama 3 tahun. Oleh karenanya Pemerintah akan mengambil sejumlah langkah konkrit dan cepat agar pemudik di seluruh Indonesia dapat melaksanakan mudik dan hari raya dengan aman dan tenang.
(FW)
Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post “Bakar Gunung”, Tradisi Unik Masyarakat Bengkulu Jelang Mudik
Next post Jelang Sea Games 2023 di Kamboja, Cabor Tenis Meja Siapkan Atlet Terbaik