Gempa Bumi 6,9 SR Guncang Sumbar, BMKG Keluarkan Peringatan Tsunami

SINMETA.ID, Padang – Gempa dengan magnitudo 6,9 SR mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 03.00 WIB. Gempa yang dirasakan cukup besar ini dirasakan di sejumlah kota di Sumatera Barat yakni di Kota Padang, Kota Pasaman Barat dan Kabupaten Padang Pariaman. Gempa membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

Gempa terasa cukup kuat dan lama dengan gerakan mengayun. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami setelah melihat adanya potensi kenaikan air laut di sejumlah pantai di wilayah Sumatera Barat.

Warga Kota Padang berlarian menjauhi bibir pantai dan menyelamatkan diri ke tempat aman untuk evakuasi. Peringatan dini pasca gempa dikeluarkan oleh BMKG pada pukul 03.00 WIB dan statusnya masih belum diturunkan hingga berita ini diturunkan.

BMKG mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa dilaporkan berada di 177 kilometer barat laut Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 84 kilometer itu.

Adapun lokasi gempa berada di 0,93 Lintang Selatan (LS)-98,39 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 84 kilometer.

BMKG menghimbau warga untuk tetap tenang dan mengevakuasi diri menjauhi pantai. Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati beberapa menit lalu memperbarui kekuatan gempa dari 7,6 SR menjadi 6,9 SR.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan lebih lanjut mengenai korban jiwa ataupun kerusakan akibat gempa ini. Gempa susulan dilaporkan juga terjadi berkali kali setelah gempa utama terjadi.

 

(FW)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Rilis Single Terbaru, Ello Sajikan Reminder Positif
Next post Aktor Iqbal Pakula Meninggal Dunia