Walikota Bandung Resmikan Kolam Retensi Ke 10 di Pasir Impun

SINMETA.ID, Bandung – Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan secara langsung Kolam Retensi Cisanggarung di kelurahan Pasir Impun, kecamatan Mandala Jati, Kota Bandung pada Selasa (14/03/2023). Peresmian tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Sumber Daha Air dan Bina Marga Kota Bandung.

Kolam Retensi Cisanggarung mempunyai luas 2,2800 Meter persegi,dengan luas lahan sekitar 1,2 Hektare,kapasitas dari Kolam Retensi bisa menampung Air kurang lebih sekitar 8.000 Juta Liter kubik.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan kembali kolam Retensi Cisanggarung,untuk menanggulangi banjir yang di Wilayah Kecamatan Arcamanik juga di Cingised Kota Bandung.

Dalam kesempatan itu Yana Mulyana mengatakan bahwa kedepannya kolam retensi ini dapat digunakan dalam mengatasi masalah banjir.

“Kolam Retensi Cisanggarung ini di harapkan bisa mengatasi titik banjir, yang biasa sering terjadi di daerah Cingised juga Arcamanik, dengan kemampuan daya tampung sekitar 8.000 juta liter kubik,Kolam Retensi ini merupakan kolam yang ke – 10 yang telah di bangun Pemerintah Kota Bandung.” Kata Yana Mulyana.

Selain itu dikatakan Yana bahwa kolam ini bisa menjadi ruang publik dan sektor pariwisata baru bagi masyarakat. “Fungsi Kolam Retensi ini juga merupakan sebagai penampung dan parkir air dari hulu menuju hilir, selain untuk menjaga atau menanggulangi banjir, kolam Retensi ini bisa juga menjadi ruang publik dan juga bisa menjadi sebagai tempat berwisata bagi Masyarakat” imbuhnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga ( DSDABM ) Kota Bandung, Didi Ruswandi menjelaskan fungsi lain dari kolam ini sebagai tempat pengolahan air minum. “Pada saat ini sudah ada 10 kolam Retensi yang di bangun oleh Pemerintah Kota Bandung, selain kolam Retensi pemerintah Kota Bandung dalam berupaya untuk mencegah potensi Banjir, juga upaya untuk pengolahan Air hujan” ujar Didi.

“Pemerintah Kota Bandung dalam upayanya antara lain,dengan membangun beberapa unit Rumah Pompa, serta beberapa unit sumur, dalam upaya atau cara untuk mencegah atau menanggulangi banjir.seperti Kolam Retensi Cisanggarung ini upaya untuk penanggulangan banjir yang sering terjadi di Daerah Cingised dan Arcamanik.” jelas Didi Ruswandi

Di akhir penjelasannya Didi Ruswandi menerangkan kembali tentang pembangunan kolam Retensi Cisanggarung, yang tadi sudah di Resmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana, kolam retensi Cisanggarung ini di bangun pada tahun 2022,menurut LPSE Kota Bandung nilai anggaran pembangunan kolam ini mencapai kurang lebih sekitar Rp.4.455.530.500 (Empat milyar empat ratus lima puluh lima juta,lima ratus tiga puluh ribu,lima ratus Rupiah).” pungkasnya.

 

(A.Junaedi)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Wajo Digelar Akhir Maret
Next post Longsor Timbun Belasan Orang di Kota Bogor