Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Akan Digelar Besok

SINMETA.ID, Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan menggelar Sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1444 Hijriah pada Rabu (22/3).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menerangkan hari Rabu esok bertepatan dengan 29 Syakban di kalender Hijriyah.

“Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023,” kata Adib keterangannya di laman resmi Kemenag.

Sidang penentuan 1 Ramadhan ini nantinya akan melibatkan banyak pihak termasuk diantaranya Tim Hisab Rukyat dari Kementerian Agama serta pihak dari Komisi VIII DPR RI, Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Duta Besar Negara Sahabat dan beberapa perwakilan ormas Islam.

Adib menjelaskan rangkaian pelaksanaan sidang Isbat esok dibagi dalam tiga tahap. Pertama, seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Kedua, pelaksanaan sidang isbat penetapan awal Ramadan 1444 H dan terakhir, ialah pengumuman hasil sidang isbat penetapan awal Ramadan 1444 H.

Guna menentukan jatuhnya awal Ramadan, Kemenag akan menggelar rukyatul hilal atau pengamatan hilal di 123 titik yang tersebar di 33 provinsi.

 

(FW)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Jelang Hari Raya Nyepi, Pelabuhan Ketapang Masih Ramai Penumpang
Next post Sehari Jelang Ramadhan, Aktifitas Pasar Klender Masih Normal