Sehari Jelang Ramadhan, Aktifitas Pasar Klender Masih Normal

SINMETA.ID, Jakarta – Sehari menjelang puasa Ramadhan 1444 H yang akan jatuh pada esok hari, suasana di Pasar Klender, Jakarta Timur masih terpantau normal. Tidak ada keramaian yang spesifik di salah satu pasar terbesar di wilayah Jakarta Timur tersebut. Pantauan SINMETA.ID pada Rabu siang (22/03/2023), aktifitas para penjual dan pembeli di pasar tersebut nampak normal seperti biasanya.

Harga kebutuhan pokok di Pasar ini juga tidak terlalu banyak mengalami perubahan signifikan menjelang puasa. Ada beberapa harga yang sedikit naik dari biasanya tetapi tidak mempengaruhi daya minat pembeli terhadap bahan pokok tersebut.

Harga ayam potong yang biasanya dijual Rp 38.000 per ekornya, hari ini menjadi Rp 42.000 per ekor. Menurut Lilis, harga tersebut mengalami kenaikan sejak beberapa hari yang lalu.

“Untuk ayam ukuran sedang harganya sekitar Rp 42.000 per ekor, kalau yang ukuran besar harganya sekitar Rp 50.000 per ekor. Naiknya gak terlalu drastis jadi pembeli masih bisa maklumi. Kecuali mungkin nanti menjelang lebaran harganya bisa lebih tinggi lagi” tutur Lilis. Hal tersebut diamini oleh seorang pembeli bernama Ayu yang menyebutkan bahwa harga tersebut masih terbilang cukup normal.

“Untuk harga segitu alhamdulillah masih cukup normal. Tidak terlalu besar kenaikannya” ucap Ayu.

Tak hanya ayam potong yang mengalami kenaikan, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan beberapa persen. Cabai rawit per kilonya mencapai harga Rp 80.000 dari yang sebelumnya Rp 78.000.

Untuk komoditas lainnya seperti sayur sayuran dan bumbu dapur lainnya, harga masih normal dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Salah seorang pedagang bumbu bernama Ita mengungkapkan, stok bahan bahan pokok termasuk bumbu dapur sampai beberapa minggu ke depan masih aman.

“Untuk stok seperti bawang merah dan bawang putih masih aman, dari pemasok aman sampai nanti puasa minggu ke dua. Tapi mungkin harus mulai disiapkan stoknya menjelang lebaran.” ucap Ita.

Seperti diketahui, umat muslim di seluruh dunia akan mulai menjalankan ibadah puasa mulai esok hari, Kamis (23/03/2023). Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pola konsumtif masyarakat.

 

(FW)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *