Tingkatkan Promosi Produk Lokal Dengan Kolaborasi Kreator YouTube Dan Pelaku UKM

Sinmeta-, Wamendag mengingatkan pentingnya kolaborasi yang lebih luas antara kreator media sosial dan sektor usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menampilkan dan mengangkat nilai unik Indonesia. Dengan demikian produk UKM bisa dipromosikan ke seluruh dunia, demikian disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam “Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow” yang digelar YouTube di Park Hyatt, Jakarta (5/12).

Kegiatan yang masuk dalam rangkaian acara tahunan Google for Indonesia yang akan diselenggarakan pada 7 Desember 2022, turut dihadiri Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan sejumlah kreator seperti Susi Pudjiastuti, Maudy Ayunda, dan Mgdalenaf.

“Kreator YouTube diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengkapitalisasi dan meningkatkan promosi produk UKM Indonesia. Dengan demikian, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tidak hanya menjadi slogan, tapi juga mewujud dalam kehidupan sehari-hari”, jelas Jerry Sambuaga lagi.

Tingkatkan Promosi Produk Lokal Dengan Kolaborasi Kreator YouTube Dan Pelaku UKM

YouTube bekerja sama dengan Oxford Economics sebagai lembaga penasihat ekonomi global. Hal tersebut guna mengukur peran YouTube dalam pertumbuhan ekosistem kreatif Indonesia dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya. Kreator Indonesia Berkarya sekaligus mewadahi peluncuran hasil riset Oxford Economics tersebut serta mendorong kolaborasi dan peran aktif dari para pemangku kepentingan di Indonesia.

Dan produk Indonesia yang berpotensi diangkat adalah token atau aset kripto. Kementerian Perdagangan mencatat, nilai transaksi set kripto tercatat Rp.64,9 triliun pada 2020 dan Rp.859,4 triliun pada 2021. Pada 2021, rata rata nilai transaksi tercatat Rp.2,35 triliun per hari dan Rp.71,62 triliun per bulan.

“Potensi tersebut dapat memberi kontribusi pada neraca perdagangan Indonesia mendatang jika token lokal dikelola dan diangkat dengan serius. Sehingga perlu saya tekankan lagi, kripto di indonesia diberlakukan sebagai aset atau komoditas, bukan sebagai alat pembayaran. Pengaturan aset kripto ditangani Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)”, imbuh Wamendag Jerry Sambuaga.

Sementara itu, terkait digitalisasi, menurut Wamendag Jerry Sambuaga, pemerintah telah menargetkan agar digitalisasi tidak hanya digunakan di kelompok elit, tapi hingga pedagang di pasar rakyat. Hal ini sebagai upaya penerapan digitalisasi pasar, salah satunya aspek pembayaran nontunai (cashless payment) yang digencarkan Kementerian Perdagangan di pasar rakyat.

“Kementerian Perdagangan melalui Sistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP) telah menyerap lebih dari 2 ribu pasar rakyat di seluruh Indonesia. Adapun melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP), 537 pasar rakyat sudah memanfaatkannya untuk memantau harga barang kebutuhan pokok. Digitalisasi harus dapat dirasakan di seluruh Indonesia, bukan hanya di Jabodetabek”, tegas Wamendag Jerry Sambuaga.

Kreator Indonesia Berkarya adalah sebuah acara thought leadership eksklusif yang diikuti pimpinan lembaga pemerintah, pimpinan tinggi (C-level) dari perusahaan bisnis terkait, pimpinan media massa, serta beberapa kreator YouTube yang inovatif dan terkemuka. (lela; foto humaskemendag)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Tim Medis TNI AU Datangi Warga Desa Cibulakan Untuk Layani Kesehatan
Next post Berhasil Jalani Tugasnya Sebagai Panglima TNI, Jenderal Andika Pensiun Bisa Jabat Menhan