Kunker KSP Moeldoko Di Manado, Kunjungi Nelayan Bitung, Tanam Sorgum, Dan Kuliah Umum Universitas Manado

Sinmeta-, Kunjungan kerja (Kunker) Jenderal TNI (Purn) Dr. Dr. (H.C) Moeldoko S.Ip., M.Si di Manado langsung mengunjungi para nelayan di Pelabuhan Kota Bitung, Manado. Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko berdialog langsung dengan para nelayan dan masyarakat sekitar mengenai apa yang menjadi permasalahan, dan kebutuhan mereka selama ini.

Hal ini tentu untuk mendukung Para Nelayan agar bisa produktif, dan bersinergi baik dengan pemerintah. Mengingat program pemerintah saat ini yaitu menjaga ketahanan pangan dan menjadikan negara Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Kunker KSP Moeldoko Di Manado, Kunjungi Nelayan Bitung, Tanam Sorgum, Dan Kuliah Umum Universitas Manado

Setelah itu, kunker dilanjutkan dengan kuliah umum dan penanaman benih sorgum di Universitas Manado yang diadakan (16/12). Rektor Universitas Manado Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd, Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si membuka kuliah umum dengan penuh semangat.

Kuliah umum dihadiri lebih dari 2500 Mahasiswa, antusiasme mereka sangat luar biasa dalam mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Moeldoko dengan tema “Penguatan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa”.

“Kepemimpinan itu upaya untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti apa yang kita ingingkan, itulah leadership. Berani move, lalu memiliki motivasi melangkah untuk membuat perubahan (Make a Difference). Generasi muda bukan pewaris bangsa, tapi generasi muda yang menentukan masa depan bangsa”, ujar Moeldoko di Unima (16/12).

Selain itu Moeldoko juga memberikan arahan mengenai pentingnya menjaga ketahanan pangan, salah satunya adalah dengan mengajak mahasiswa universitas manado untuk menanam Sorgum.

Kunker KSP Moeldoko Di Manado, Kunjungi Nelayan Bitung, Tanam Sorgum, Dan Kuliah Umum Universitas Manado

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Sorgum mengandung nutrisi yang baik dan rendah gula bagus untuk kesehatan. Pengolahan sorgum ini bisa menjadi tepung, susu, cemilan, dan bahkan makanan pokok sebagai pengganti nasi, ataupun gandum.

“Penanaman sorgum merupakan inovasi yang bagus untuk mendukung ketahanan pangan nasional guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, dan bisa menunjang dalam tingkat pendapatan para petani”, ujar pengurus DPP HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Dr. George N. Kuahaty, M.M. (16/12).

Dengan adanya arahan yang diberikan oleh KSP Moeldoko semoga dapat memenuhi harapan bagi para nelayan pada khususnya, dan masyarakat umum pada umumnya guna mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi dan sosial.

Kunker KSP Moeldoko Di Manado, Kunjungi Nelayan Bitung, Tanam Sorgum, Dan Kuliah Umum Universitas Manado

Generasi muda memiliki inovatif, bekerja, dan kekuatan. We need Investment, We need action, and We need change. Generasi muda masih memiliki dan mampu mewujudkan harapan tersebut, karena merekalah pemimpin masa depan.

Seperti diketahui, Moeldoko tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado dalam rangka kunjungan kerja KSP (Kantor Staf Kepresidenan). Adapun hadir para tamu kehormatan dari Pemerintah Sulawesi Utara, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Utara, Wakil Bupati beserta jajaran, Wakil Rektor Universitas Manado dan awak media telah menanti beliau di ruang tunggu VIP.  Penyambutan pun dilakukan dengan hangat dan meriah. Dan agenda kunjungan kerja KSP dilakukan selama dua hari, yakni hari Kamis dan Jumat (15/12/2022 s/d 16/12/2022). (d’ska; foto humasksp)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Sahabat Pancasila Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Kandidat Bakal Calon Presiden
Next post 500 Calon Bhikku Berbagai Negara Hadiri Pabbajja Samanera Di Candi Borobudur