Barantan Kementan Lepas 380 Ribu Ton Ekspor Komoditas Pertanian Asal Riau ke 35 Negara

Sinmeta-, Melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Riau sebanyak 368 ribu ton menuju 35 negara, diantaranya Cina, Jepang, Vietnam, Filipina dan lain sebagainya. Dan komoditas pertanian unggulan berupa Kelapa Sawit dan turunan, Kelapa dan turunan, Porang, Magot dan komoditas lainnya dengan total nilai Rp. 3,7 triliun.

“Apresiasi yang tinggi kepada Bapak Walikota Dumai, petani dan para pelaku usaha agribisnis asal Provinsi Riau yang telah mempertahankan komoditasnya di pasar glolbal”, kata Bambang, Kepala Barantan, saat melepas ekspor di Pelabuhan Pelindo, Dumai, Riau (21/11).

Data IQFAST Karantina Pertanian Riau mencatat tren ekspor asal negeri Lancang Kuning ini meningkat secara signifikan. Di tahun 2021 senilai Rp. 39,42  triliun atau meningkat  15,4% dibandingkan tahun 2020 yang hanya mencapai Rp. 34,14 triliun saja.

Barantan Kementan Lepas 360 Ribu Ton Ekspor Komoditas Pertanian Asal Riau ke 35 Negara

Keberhasilan peningkatan ekspor merupakan sinergi banyak pihak mulai dari hulu sampai ke hilir serta yang paling utama adalah komitmen pimpinan daerah. Dan kami selaku instrumen perdagangan pertanian akan terus optimal mendukung komoditas pertanian berorientasi ekspor”, ujar Bambang.

Menurutnya ini merupakan refleksi keunggulan komparasi keberhasilan pengembangan pembangunan pertanian asal Provinsi Riau, khususnya Dumai dalam mengakselerasi ekspor pertanian. Tentunya sejalan dengan tugas strategis yang diberikan Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) kepada Barantan dalam mengakselerasi peningkatan ekspor, Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks).

Paisal, SKM, MARS, Walikota Dumai menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pengawalan pembangunan pertanian diwilayahnya. Ia juga menyampaikan lokasi wilayahnya yang strategis sehingga tren investasi. Dan mohon dukungannya Dumai akan membangun pelabuhan peti kemas, sehingga produk olahan pertanian asal Riau dapat langsung diekspor tanpa melewati Medan.

Sementara Sahat Pangabean Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi yang turut hadir menyampaikan bahwa dukungan percepatan ekspor adalah solidnya tim antar otoritas instansi di pelabuhan (CIQP, Custom, Immigration, Quarantine & Port, red) dan modernisasi.

“Penataan dipelabuhan yang kita lakukan sekarang dengan menggunakan digitalisasi. Lebih cepat, tepat dan transparan”, tegas Paisal, SKM, MARS. (tjoek; foto humasberantan)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Polemik Stok Beras, Minta Bulog Dan Kementan Bersinergi Perluas Program Kemitraan
Next post Uji Empiris Sepeda Motor Listrik DATAM Regen Dalam Event Future SMEs Village KTT G20 Bali