Resmikan Balai Diklat Di Yogyakarta, Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur Perdagangan Daerah

Sinmeta-, Proses penyederhanaan birokrasi di seluruh instansi pemerintahan, baik pusat maupun daerah yang terus dilakukan hingga saat ini memerlukan penyesuaian, termasuk pergeseran dari pegawai struktural menjadi jabatan fungsional (jabfung). Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dalam peresmian Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan (BDAP) di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (30/9).

“Keberadaan BDAP di Yogyakarta adalah tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas SDM aparatur negara sehingga bisa produktif dan berdaya saing. Pembinaan jabfung di bidang perdagangan akan semakin penting karena jumlahnya bertambah dan memerlukan pelatihan, baik fungsional maupun teknis yang mendukung pekerjaan dan karir”, tutur Suhanto.

Jabfung aparatur perdagangan diharapkan terus meningkatkan kompetensi serta kualitas output dan outcome. Untuk itu, perlu diselenggarakan pelatihan kepada aparatur perdagangan agar memiliki profesionalisme dan kompetensi yang tinggi, berdaya guna, dan berhasil guna.

Peresmian Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan (BDAP) Di Yogyakarta

Hal ini dilakukan agar pegawai yang telah menduduki jabfung, khususnya di bidang perdagangan, tetap dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai tujuan organisasi.

Suhanto menambahkan, dipilihnya Kota Yogyakarta sebagai salah satu lokasi BDAP karena sarana dan prasarana yang lebih siap dan dukungan pemerintah provinsi yang cukup baik. Hal itu demi menunjang tugas dan fungsi BDAP agar dapat terlaksana dengan baik.

Adapun Kepala Pusat Diklat Aparatur Perdagangan Chandrini Mestika Dewi menjelaskan bahwa peresmian balai diklat dan sosialisasi jabatan fungsional adalah salah satu upaya Kementerian Perdagangan dalam meningkatkan kemampuan SDM aparatur perdagangan di daerah.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 81 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelayanan Teknis Kementerian Perdagangan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 61 Tahun 2021.

BDAP yang saat ini menempati ruang kerja Disperindag Provinsi DIY di Jalan Kusumanegara No.9, memiliki wilayah kerja yang meliputi DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara. Dari sisi administrasi, BDAP mencakup 11 provinsi, 28 kota, dan 144 kabupaten.

“Dengan wilayah kerja yang cukup luas, diharapkan balai diklat ini akan mampu menjangkau para aparatur perdagangan di daerah semaksimal mungkin”, ujar Chandrini.

Peresmian Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan (BDAP) di Yogyakarta

Peresmian dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi DIY yang diwakili Plt. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wiyos Santoso, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi DIY Syam Arjayanti, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY Amin Purwani.

Peresmian dihadiri para pimpinan dinas dari masing-masing provinsi di wilayah kerja BDAP dan para pejabat fungsional analis perdagangan dan pengawas perdagangan.

Pada kesempatan yang sama, Syam Arjayanti menyambut baik menyambut baik keberadaan BDAP di Yogyakarta. Menurutnya, keberadaan BDAP akan mampu meningkatkan kapasitas SDM aparatur perdagangan yang berada di berbagai wilayah.

Dalam rangka inventarisasi kebutuhan pelatihan, BDAP di Yogyakarta saat ini telah melakukan pemetaan sumber daya manusia (SDM) aparatur perdagangan dan inventarisasi kebutuhan pelatihan khususnya untuk jabfung yang baru dibentuk, yaitu Analis Perdagangan dan Pengawas Perdagangan di berbagai wilayah BDAP di Yogyakarta.

Selanjutnya, Kementerian Perdagangan juga menggelar Sosialisasi Pembinaan Jabfung Aparatur Perdagangan untuk memperkenalkan jabatan fungsional bidang perdagangan yang terbuka untuk daerah, yaitu Jabfung Analis Perdagangan dan Pengawas Perdagangan.

Selain itu, pada acara tersebut juga disosialisasikan rumpun Jabfung Kemetrologian seperti Penera, Pengawas Metrologi, Penguji Mutu Barang, Pengamat Tera, dan Pranata Laboratorium.

Peresmian dan sosialisasi diikuti oleh 120 peserta secara luring dari 50 instansi dinas yang membidangi perdagangan dan Badan Kepegawaian Daerah di wilayah DIY dan sekitarnya. Selain itu, diikuti 346 peserta secara daring dari 186 instansi dinas yang membidangi perdagangan dan Badan Kepegawaian Daerah dari ruang lingkup BDAP di Yogyakarta.

Peresmian Balai Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan (BDAP) di Yogyakarta

Selaku narasumber Kapusdiklat Aparatur Perdagangan Chandrini Mestika Dewi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY Amin Purwani, dan Ketua Tim Pembina Jabfung PerdaganganDwi Hanas NH. Bertindak sebagai moderator yaitu Kepala BDAP di Yogyakarta Hadiah Novi Setiani.

Chandrini menegaskan, setelah kegiatan sosialisasi tersebut, akan diselenggarakan pelatihan-pelatihan secara reguler yang sifatnya lebih teknis, seperti penyusunan Angka Kredit (AK) dan Penetapan AK (PAK). Selain itu, juga akan diadakan kegiatan pelatihan terkait materi substansi untuk mendukung tugas-tugas harian, seperti pemantauan ketersediaan bahan pokok, stabilitas harga, perlindungan konsumen, serta peningkatan kapasitas pelaku usaha yang mengarah pada peningkatan ekspor.

Peresmian BDAP dapat disimak kembali di tautan https://www.youtube.com/watch?v=XAdc1K2_Q1k&t=1334s dan Sosialisasi Pembinaan Jabfung Aparatur Perdagangan di tautan https://www.youtube.com/watch?v=04DER-k3YIM . (lela; foto humaskemendag)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Peran Wakaf Produktif Dalam Penguatan Ekonomi Nasional
Next post Pemkot Bekasi Dukung Event Pesona Batik Nusantara Grand Metropolitan Mall