Kopi Indonesia Tembus Pasar Serbia

Sinmeta-, KBRI Beograd tengah melakukan promosi gencar untuk menembus pasar kopi Serbia dan menunjukkan hasil yang menjanjikan. CV Optima Karya Pitaya, eksportir Indonesia yang turut berpartisipasi pada pameran the 89th International Agricultural Fair, 21 – 27 Mei, lalu di kota Novi Sad, Serbia, telah melakukan ekspor perdana sebesar satu kontainer kopi robusta ke Serbia.

Ekspor ini merupakan langkah awal meningkatkan pangsa pasar kopi di Serbia yang masih memiliki peluang besar untuk terus digarap. Berdasarkan data dari Kantor Statistik Serbia, pada tahun 2021 Serbia mengimpor roasted coffee senilai lebih dari 20 juta dolar AS dan green bean senilai lebih dari 63 juta dolar.

Kopi Indonesia Tembus Pasar Serbia

Namun, impor kopi Serbia dari Indonesia terbilang masih rendah dan mayoritas melalui negara ketiga. Oleh sebab itu, promosi kopi di berbagai ajang di Serbia secara terus menerus sangat diperlukan untuk lebih memperkenalkan kopi Indonesia di masyarakat setempat.

KBRI Beograd telah mempromosikan kopi Indonesia di berbagai ajang promosi dagang. Selain berpartisipasi pada pameran the 89th International Agricultural Fair tahun ini, KBRI Beograd berkerja sama dengan Kementerian Pertanian RI juga telah menyelenggarakan pameran One Day with Indonesian Coffee, Fruits and Floriculture (ODICOFF) di November 2021 lalu.

Secara keseluruhan, pameran ini menghasilkan letter of intent dagang senilai 7,3 juta dolar AS dimana kopi merupakan salah satu produk yang banyak menarik perhatian importir setempat. (tjoek; foto humaskbribeograd)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bangun Sektor Alternatif Di Luar Pariwisata, Demi Kebangkitan Ekonomi Bali
Next post Pengalihan Subsidi BBM Untuk Bantuan Tepat Sasaran