Inilah Pesona Dan Kesegaran Air Terjun Bibinoi

Sinmeta-, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, memiliki banyak tempat wisata alam yang belum diketahui masyarakat. Mulai dari wisata pantai, danau hingga air terjun yang unik. Dan dari puluhan tempat wisata air terjun di Halmahera Selatan, terdapat air terjun yang dibilang unik berlokasi di Desa Bibinoi, Kecamatan Bacan Timur Tengah. Dimana untuk sampai ke lokasi ini, harus menempuh perjalanan dengan mobil kurang lebih selama satu jam dari pusat Kota Labuha (Ibu Kota Halmahera Selatan).

Setibanya di Desa Bibinoi, Anda masih harus masuk ke hutan menggunakan mobil yang jaraknya kurang lebih 3 kilometer untuk sampai ke lokasi wisata. Anda akan melewati beberapa sungai dengan kondisi air yang jernih dan deras.

Pesona Dan Kesegaran Air Terjun Bibinoi

Ini menjadi satu tantangan tersendiri selama dalam perjalanan. Lantaran sepanjang jalan menuju ke tempat wisata, dapat menikmati keindahan kebun warga yang ditanami pohon kelapa menjulang tinggi, serta pohon pala yang dipenuhi buah.

Sesampai di lokasi pun dipastikan akan merasa terkagum- kagum ketika melihat air terjun dengan ketinggian sekira 25 meter yang nampak bertingkat. Air yang mengalir pun tidak langsung jatuh ke dasar, tetapi menyinggahi setiap lantai mulai dari yang paling atas lebih dulu. Ibarat sebuah rumah, ketinggi di lantai pertama bisa mencapai 20 meter dan di atasnya 5 meter.

Dan kenunikan lain, Air Terjun Bibinoi ini yakni terdapat dua lokasi, yang bersampingan dengan jarak memisahkan hanya sekira 150 meter. Jadi jika ditelusuri ke hulu, ke dua air terjun ini bersumber dari satu mata air yang sama.

Pesona Dan Kesegaran Air Terjun Bibinoi

Setelah melewati juram yang tinggi, kedua sumber air terjun ini kembali menyatu untuk mengalir ke hilirnya. Sungai ini juga dipenuhi bebatuan ukuran besar yang mulus, apalagi air yang menyusuri sungai cukup jernih, membuat wisatawan tak tahan dan langsung menceburkan diri ketika sampai di lokasi.

Air Terjun Bibinoi sendiri masih memiliki suasana alam yang asri, karena belum tersentuh pembangunan fasilitas penunjang. Anda yang hobi traveling, silakan datang dan rasakan pesona serta kesegaran airnya. (lela; foto humasdisparhalmaheraselatan)

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Temu Bisnis Perbankan Konvensional Bagi UMKM Parekraf Bekasi
Next post 21 Juta Pelaku UMKM Onboarding Digital Didorong Gernas BBI