Jembatan Danau Buatan Taman Cadika Medan Putus dan Ambruk

SINMETA.CO.ID, Medan – Diduga karena kelebihan muatan, jembatan penghubung danau buatan di Taman Cadika, Kota Medan, Sumatera Utara, terputus dan ambruk, Minggu (13/10/2024) sore. Akibatnya puluhan pengunjung tercebur di danau. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Dalam video amatir warga yang diterima Beritasatu.com, terlihat puluhan orang pengunjung Taman Cadika Medan yang datang dari berbagai daerah di Kota Medan tercebur ke dalam danau buatan tersebut. Jembatan itu putus karena tali seling jembatan terputus dan ambruk. Sejumlah pengunjung pun histeris melihat keluarganya tercebur.

Sejumlah pengunjung pun terlihat bergantungan memegang erat besi jembatan agar tidak tenggelam. Mengetahui hal tersebut, tim penyelamatan Taman Cadika dan dibantu oleh sejumlah pengunjung lainnya langsung mengevakuasi para pengunjung yang tercebur ke dalam danau.

Nurul Afifah, salah satu tim penyelamatan Taman Cadika Medan mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu, para pengunjung hendak pulang melintasi jembatan penghubung tersebut. Namun nahas, jembatan yang kapasitasnya hanya menampung 20 orang saja putus dan ambruk. Sontak para pengunjung yang berada di jembatan tersebut pun tercebur ke dalam danau yang dalamnya sekitar delapan meter.

Sejumlah tim penyelamatan danau Taman Cadika bersama sejumlah pengunjung lainnya yang mengetahui peristiwa tersebut pun langsung mengevakuasi menggunakan perahu karet. Setelah 30 menit melakukan penyelamatan, tim akhirnya berhasil menyelamatkan seluruh pengunjung yang tercebur.

Total ada 50 pengunjung, terdiri dari anak-anak hingga orang tua, tercebur ke dalam danau tersebut. “Diperkirakan ada 50 orang. Ada beberapa luka ringan, ada yang lecet saja. Korban jiwa tidak ada,” kata Nurul

Setelah itu, jembatan tersebut ditutup dan tidak dapat diperbolehkan untuk dipergunakan lagi oleh pihak pengelola Taman Cadika Medan. Petugas kepolisian dari Sektor Deli Tua yang mendapat informasi turun ke lokasi kejadian dan memeriksa sejumlah saksi di lokasi kejadian dan melakukan pendataan.

Seluruh korban yang tercebur ke dalam danau buatan Taman Cadika Medan berhasil diselamatkan dan kembali pulang ke rumahnya masing-masing.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *