Gempa 5,9 SR Guncang Turki, Ratusan Orang Terluka

SINMETA.CO.ID, Istanbul – Gempa bumi magnitudo (M) 5,9 mengguncang Provinsi Malatya, Türki tengah, pada Rabu (16/10/2024). Akibat gempa, sedikitnya 187 orang terluka dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

Gempa terjadi pada Rabu pagi dengan pusat gempa di kedalaman 9 km di wilayah Kale, sekitar 40 km sebelah timur Kota Malatya, ibu kota provinsi dengan nama yang sama di wilayah Türki tengah.

Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Türki (AFAD) menyebutkan, gempa mencapai M 5,9. Sementara Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan gempa tersebut mencapai M 6,0.

Rekaman video dari kamera keamanan memperlihatkan banyak orang melarikan diri dari bangunan saat terjadi gempa. Pada beberapa tempat terlihat batu bata dan batu berjatuhan dari atas bangunan. Getaran gempa dirasakan di provinsi tetangga Hasakah, Deir al-Zor dan Aleppo, Suriah.

Kementerian Dalam Negeri Turki mencatat 187 orang yang terluka dirawat di rumah sakit. Hingga Kamis (17/10/2024), sebagian besar telah dipulangkan. Sementara 43 korban memerlukan pemantauan lebih lanjut.

Pejabat setempat belum mencatat adanya korban jiwa, dan menambahkan bahwa empat bangunan rusak akibat gempa tersebut.

Malatya merupakan salah satu wilayah yang juga hancur akibat gempa M 7,8 mengguncang Turki dan Suriah, yang menewaskan hampir 60.000 orang, pada awal tahun 2023.

Türki terletak di antara dua garis patahan utama dan sering mengalami gempa bumi. Pada tahun 1999, lebih dari 17.000 orang tewas dalam gempa bumi kuat yang mengguncang wilayah barat laut negara tersebut.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *