DPR RI Setujui Herindra Jadi Kepala BIN

SINMETA.CO.ID, Jakarta – Pimpinan DPR dan perwakilan delapan fraksi menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) M Herindra di Komisi I DPR, kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Hasilnya, Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan bahwa M Herindra diterima sebagai kepala BIN dan akan dilantik oleh presiden terpilih.

“Hasil tim pertimbangan menyatakan Bapak Muhammad Herindra sebagai satu-satunya calon kepala BIN, dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh presiden mendatang, yaitu Prabowo Subianto,” ucap Puan Maharani di gedung Nusantara II, kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Sebelum dilantik, DPR terlebih dahulu melakukan sidang paripurna penetapan M Herindra pada Kamis (17/10/2024). Selanjutnya, pimpinan DPR akan mengirimkan surat hasil penetapan M Herindra sebagai kepala BIN. “Insyaallah paripurna calon kepala BIN yang akan datang ini besok Kamis,” kata Puan.
Puan belum dapat memastikan jadwal pelantikan M Herindra. Dia menyerahkan kepada pemerintah baru Prabowo-Gibran.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan rencana pelantikan kepala BIN pada Senin (21/10/2024) mendatang. Dasco menyebut pelantikan kepala BIN akan bersamaan dengan pelantikan menteri. “Kalau keburu mungkin pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada 21,” ucap Sufmi Dasco Ahmad.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *