Ribuan Masyarakat Aceh Antusias Saksikan Pembukaan PON XXI

SINMETA.CO.ID, Banda Aceh – Ribuan orang nampak memadati kawasan pusat kota Banda Aceh. Mereka hendak menuju ke Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh untuk secara langsung menyaksikan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI. Petugas keamanan siaga berjaga-jaga di sekitar stadion dan akses menuju stadion.

Senin 9 September 2024, masyarakat Aceh tumpah. Sejak pukul 14.00 WIB mereka menyerbu Stadion Harapan Bangsa. Dari berbagai penjuru.

Mereka berbaur satu sama lain. Mereka ingin menjadi saksi sejarah di Bumi Iskandar Muda.

Karenanya mereka rela antre dan berpanas ria menuju SHB sekitar 4-5 jam sebelum opening ceremony PON XXI Aceh-Sumut 2024 resmi dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Bahkan sejak pukul 16.00 WIB, antusiasme sudah terlihat di sekitar area stadion. Masyarakat datang memadati akses yang disediakan panitia hampir bersamaan dengan rombongan kontingen atlet.

Deny Boy, 49 tahun, warga ber-KTP Jakarta yang bekerja di Banda Aceh, tak mau melewatkan kesempatan langka ini.

“Aceh kaya akan budaya, saya sudah bulan disini, tapi belum pernah menyaksikan pesta seperti ini. Ini saat yang tepat untuk melihat kesenian Aceh dari dekat,” ujar Deny.

Acara pembukaan PON XXI 2024 bukan sekadar ajang olahraga, melainkan juga  perhelatan budaya yang diharapkan dapat memperkenalkan kekayaan seni dan tradisi Aceh kepada dunia. Tari Malahayati yang mengusung semangat kepahlawanan wanita Aceh salah satu atraksi  paling dinanti oleh para penonton.

Deny Boy menaruh harapan gelaran PON XXI membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan sektor pariwisata.

“Dengan banyaknya tamu  datang, ini bisa menjadi kesempatan bagi masyarakat Aceh untuk mempromosikan budaya dan pariwisata daerah kami, serta meningkatkan pendapatan masyarakat melalui sektor ekonomi kreatif,” tambahnya.

Sementara itu, Nurul, warga Kampung Pinang, Banda Aceh, mengungkapkan kebanggaannya karena Provinsi Aceh dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di Indonesia.

“Ini kebanggaan bagi kami, dan bentuk dukungan saya sebagai masyarakat Aceh. Saya berharap seluruh masyarakat bisa bersama-sama mensukseskan PON XXI ini,” kata Nurul.

PON XXI Aceh-Sumut juga menjadi ajang pertama yang melibatkan dua provinsi sebagai tuan rumah.

Dengan 65 cabang olahraga yang dipertandingkan, ajang ini tidak hanya menjadi panggung bagi para atlet untuk berlaga, tetapi juga sebagai upaya mempererat persatuan dan solidaritas bangsa melalui olahraga.

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa.

Pembukaan ini diharapkan menjadi momen yang berkesan, mempertegas semangat “Peumulia Jamee”, tradisi masyarakat Aceh dalam memuliakan tamu.

Sebuah penghormatan yang tak hanya menggambarkan keramahan, tetapi juga kekayaan nilai-nilai luhur yang diusung oleh masyarakat Serambi Mekah.

Dengan keterlibatan aktif masyarakat dan dukungan penuh  berbagai pihak, PON XXI Aceh-Sumut 2024 diharapkan menjadi ajang olahraga yang tidak hanya sukses dalam hal prestasi, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan ekonomi dan sosial di Aceh.

Acara pembukaan tidak hanya akan digelar di Aceh, tetapi juga di Sumatera Utara yang berlangsung secara hybrid di Stadion Baharuddin, Deli Serdang. Acara di Sumut ini diselaraskan dengan pembukaan di Aceh.

 

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Gadis Penjual Gorengan Dibunuh di Padang Pariaman
Next post Kate Middleton Telah Selesaikan Rangkaian Pengobatan Kanker