Potensi Cuaca Buruk, BMKG Ingatkan PB PON

SINMETA.CO.ID, Banda Aceh – Dalam beberapa hari terakhir, hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Banda Aceh. Akibatnya beberapa cabang olahraga (Cabor) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 pelaksanaannya mengalami kendala.

Venue cabor menembak yang berlokasi di Lapangan Tembak Rindam Iskandar Muda Mata Ie, Aceh Besar, salah satu yang terkena dampaknya. Akibatnya, pertandingan yang berlangsung pada Selasa (17/9) sementara ditunda karena dikepung air hujan.

Berdasarkan video yang beredar, tampak air turun sangat deras dari atap yang ambruk. Terekam pula air sudah masuk ke arena pertandingan.

“Air masuk dari pintu depan, sehingga seluruh lapangan menjadi banjir,” begitu suara dari video tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan geofisika (BMKG) Kelas 1 Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh memprediksikan bahwa Banda Aceh bahkan seluruh Aceh akal dilanda hujan selama sepekan ke depan mulai dini hari hingga pagi hari.

Anang Heryanto, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah Banda Aceh, mengatakan telah terjadi musim peralihan dari kemarau ke musim hujan. Jadi potensi cuara buruk sangat memungkinkan terjadi, seperti tiba-tiba angin kencang atau hujan lebat.

“Kami memantau ada tekanan rendah di laut Cina Selatan, sehingga membentuk belokan angin di wilayah Aceh. Akibatnya masa udara mengumpul dan potensi ujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang,” kata Anang Heryanto yang dihubungi sportlinknews.com.

Menurutnya berdasarkan pantauan BMKG kecepatan anginnya hari ini maksimum 25-30 knot atau sekitar 55 km/jam. Mengalami kenaikan dari rata-rata sekitar 10 knot. “Artinya, ini angin ekstrem yang bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti pohon tumbang,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan cabor-cabor tertentu seperti terjung payung, paralayang dan dayung yang dipertandingkan di Wilayah Aceh Besar bisa terkena dampaknya. Dia mengingatkan masyarakat untuk berhat-hati.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terhadap wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Hujan lebat diprakirakan akan melanda wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Subulussalam, Aceh Singkil, Simeulue, Aceh Timur, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara pada Selasa (17/9).

Bagikan berita ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Polisi Kerahkan Anjing Pelacak Cari Pembunuh Gadis Penjual Gorengan
Next post KPK Terima 3.463 Laporan Objek Gratifikasi Sepanjang 2024